PERHITUNGA PRODUKSI DAN BIAYA ALAT BERAT PADA PEKERJAAN JALAN BARBAS PANTAI KOTA BONTANG

Marthina Rede

Abstract


Dinamika perkembangan dan pembangunankotaBontang yang begitu cepat, telah membawa dampak pada tuntutan adanya kebutuhan prasarana dan saranaKotayang semakin kompleks dan mendesak salah satunya adalah prasarana transportasi, terutama transportasi darat.    

Kota Bontang dengan kegiatan industri dan jasa yang berskala regional maupun fenomena baru sebuahKotayang memiliki daya tarik bagi penduduk luar untuk mengadu nasib. Hal ini mengakibatkan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi yang sudah menjadi permasalahan biasa di kota-kota besar. Pertambahan penduduk selalu diikuti oleh peningkatan akan kebutuhan prasarana jalan dalamkota.

Jalan Berbas Pantai yang terletak di Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang, adalah merupakan ruas Jalan Lokal Kota yang perlu dilakukan peningkatan perkerasan jalannya, karena secara teknis kondisi ruas jalan tersebut dalam kondisi rusak sedang sampai berat sehingga mengurangi kenyamanan dan kelancaran lalu lintas bagi masyarakat pengguna jalan juga perkembangan perekonomian Kota Bontang.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Pekerjaan Umum telah mengalokasikan dana untuk  perbaikan  jalan tersebut, yaitu kegiatan Peningkatan Jalan Berbas Pantai di Kota Bontang.

Dalam pelaksanaan pekerjaan jalan tersebut, sangat diperlukan pemakaian alat berat, sehingga pelaksanaan pekerjaan dapat sesuai dengan target yang telah ditentukan, dan penggunaan alat berat harus direncanakan secara baik dan cermat, sehingga tepat penggunaannya, optimal produksinya dan adanya efisiensi biaya peralatan.


Full Text:

Remote

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012