ANALISA TIANG PANCANG PADA JEMBATAN TIMBANG TELUK DALAM COAL TERMINAL

AYI ISNAENDI

Abstract


Jembatan timbang berfungsi untuk menimbang atau mengetahui berat truck baik dalam keadaan kosong maupun dalam keadaan muatan. Proses penimbangan dilakukan setelah truck berada di atas lantai jembatan dan truck tersebut dalam keadaan berhenti dalam waktu kurang lebih satu menit, maka load cell akan membaca beban atau berat kendaraan yang ada diatas jembatan tersebut dan dapat di lihat di monitor yang telah disediakan di dalam ruang kontrol.

Jembatan timbang Teluk Dalam Coal Terminal sangat dibutuhkan untuk mengetahui volume batu bara yang dibawa dari tambang dan akan tempatkan di stock pile sebelum dilakukan proses pengapalan. Untuk mendapatkan hasil timbangan yang akurat maka perlu di dukung dengan konstruksi yang kuat, baik konstruksi jembatannya maupun konstruksi pondasinya.

Metode yang digunakan untuk pengambilan data tanah yaitu dengan menggunakan sondir yang dilaksanakan dilapangan. Untuk anlisa pembebanan jembatan digunakan analisa berdasarkan Pedoman Pembebanan Jembatan Jalan Raya Sedangkan  untuki anlisa tiang pancang berdasarkan analisa Pondasi Tiang Pancang.

Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa, dimensi tiang pancang beton persegi 25x25 cm, tiang pancang beton bulat diameter 30 cm dan tiang pancang kayu ulin 25x25 cm dengan jumlah 8 tiang cukup kuat untuk menahan beban jembatan timbang tersebut.


Keywords


Jembatan timbang, Tiang pancang

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012