STUDI KAPASITAS DRAINASE PADA JALAN ARIF RAHMAN HAKIM KOTA BONTANG

MAHYUDI ANSYAH

Abstract


Jalan Arif Rahman Hakim adalah ruas jalan yang menghubungkan Kota Bontang dengan Kabupaten Kutai Timur. Pada ruas jalan ini terdapat banyak kerusakan pada badan jalan. Kerusakan berupa lubang – lubang kecil maupun besar dan dibeberapa tempat bahkan terdapat kerusakan yang sangat parah pada seluruh badan jalan dan sudah tidak layak untuk dilewati oleh kendaraan dan sangat menggangu arus lalulintas.

Kerusakan – kerusakan tersebut salah satunya disebabkan oleh belum adanya sistem drainase pada ruas jalan tersebut, sehingga apabila hujan maka air akan menggenang dan lambat laun akan mengakibatkan kondisi badan jalan tidak stabil sehingga mengalami penurunan atau akan membentuk lubang – lubang pada badan jalan tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dimensi saluran yang sesuai pada ruas jalan tersebut dengan dengan menggunakan struktur saluran dari batu gunung berbentuk trapezium, dengan menggunakan data curah hujan selama sepuluh tahun terakhir, menggunakan metode perhitungan gumbel untuk kala ulang kala ulang dua puluh lima tahun untuk menentukan debit air rencana dan perhitungan intensitas hujan menggunakan metode Rational dan dimensi saluran berdasarkan pada SNI Perencanaan drainase permukaan jalan terbitan tahun 1994.

Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa debit air hujan maksimum untuk kala ulang 25 tahun adalah 1,8605 m³/detik dan lebar dasar saluran 0,50 cm, tinggi penampang basah 0,80 cm, tinggi jagaan 0,60 cm dan perbandingan kemiringan talud 1 : 1½.  


Keywords


drainase, saluran tepi jalan

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012