PERENCANAAN RUMAH SARUNG SAMARINDA DI SAMARINDA

Eka Putri Nursyarifah

Abstract


Perencanaan dan perancangan Rumah Sarung Samarinda ini dimaksudkan untuk menciptakan sebuah ikon baru dalam menjaga dan melestarikan salah satu kebudayaan yang menjadi ciri khas Kota Samarinda, yaitu Sarung Samarinda yang memiliki motif khas kotak-kotak berwarna hitam merah yang biasa disebut Belang Hatta. Yang tentunya akan menarik banyak minat pengunjung untuk datang, baik dalam kota maupun luar kota khususnya di Samarinda, Kalimantan Timur. Dan diharapkan bisa menjadi salah satu tempat pusat sarung di Samarinda dengan menghasilkan produk-produk berkualitas dan bermutu tinggi pastinya. Sehingga bisa mendongkrak pendapatan daerah serta membuka lapangan pekerjaan dan khususnya kota Samarinda bisa lebih dikenal di tingkat Nasional.

            Rumah Sarung Samarinda ini merupakan suatu objek arsitektural yang memfasilitasi para pengunjungnya, agar lebih mengenal dan mencintai Sarung Samarinda yang merupakan warisan asli kebudayaan Kalimantan Timur. Oleh karena itu, perencanaan dan perancangan Rumah Sarung Samarinda, bisa menjadikan Rumah Sarung ini sebagai tempat yang terfokus pada proses pembuatan, pameran dan penjualan, yang tentunya akan memberikan keuntungan dalam bidang bisnis disamping unsur hiburan dan edukatifnya. Proses perancangan Rumah Sarung melewati beberapa tahapan, yaitu: (1) tahap pengumpulan data, (2) tahap analisis, dan (3) tahap konsep perancangan bangunan.

            Dengan menyuguhkan tempat sebagai lahan bisnis, hiburan dan edukasi, bangunan Rumah Sarung ini didesain dengan konsep arsitektur Tradisional-Modern dan dirancang fungsional sesuai dengan kebutuhannya masing-masing sebagai tempat pembuatan, pameran, dan penjualan. Diharapkan dengan ini bisa memberikan kenyaman bagi para pengguna maupun pengunjung

Keywords


Rumah Sarung, Samarinda, Edukasi.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012