ANALISA PERHITUNGAN HUBUNGAN KECEPATAN, VOLUME, DAN KEPADATAN ARUS KENDARAAN PADA RUAS JALAN MUHAMAD YAMIN KOTA SAMARINDA

GALIH PRASETYA UTAMA

Abstract


Dalam perancangan,  perencanaan  dan penetapan berbagai kebijaksanaan sistem transportasi, teori pergerakan arus lalu lintas memegang peranan yang sangat penting. Kemampuan menampung arus lalu lintas sangat bergantung dari keadaan  fisik  jalan  tersebut, baik  kualitas   maupun kuantitasnya serta karakteristik operasional lalu lintasnya.

Teori  pergerakan  arus  lalu  lintas  ini  akan  menjelaskan  mengenai kualitas   dan   kuantitas   dari   arus   lalu   lintas   sehingga   dapat   diterapkan kebijaksanaan atau pemilihan sistem yang paling tepat untuk menampung lalu lintas  yang  ada.  Untuk  memenuhi  penerapan  teori  pergerakan  lalu  lintas digunakan metode pendekatan  matematis dan fisis untuk menganalisis gejala yang berlangsung  dalam arus lalu lintas.  Salah satu cara pendekatan untuk memahami perilaku lalu lintas adalah dengan  menjabarkannya dalam bentuk matematis dan grafis.

Kota Samarinda yang memiliki luas daratan sebesar 718 km2 dengan panjang jalan Nasional 57 km, jalan Provinsi sepanjang 76 km, dan jalan Kabupaten/Kota sepanjang 658 km dengan kondisi jalan yang beraspal masih saja membuat beberapa jalan sering terjadi kemacetan karena jumlah kendaraan yang semakin hari semakin bertambah.

Permasalahan transportasi di Samarinda seakan tak pernah habis untuk dibicarakan. Semakin meningkat jumlah penduduk di setiap tahunnya maka semakin meningkat pula kebutuhan sarana transportasi.

Samarinda merupkan salah satu kota yang memiliki kepadatan penduduk cukup besar yang bertumpu pada transportasi untuk mobilitas sehari-hari yang di mulai dari sepeda motor, mobil, truk, bus dan lain sebagainya. Pertumbuhan populasi penduduk Samarinda yang meningkat dari tahun ke tahun menyebabkan ketidakseimbangan antara jumlah transportasi yang ada di jalan dengan kapasitas ruas jalan yang tersedia. Hal ini menyebabkan berbagai masalah lalu lintas, misalnya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Jalan Muhamad Yamin merupakan salah satu ruas yang padat akan lalu lintas pada pagi, siang, Jalan Muhammad Yamin tersebut juga memiliki karakteristik yaitu dengan lebar jalan 7 m, 2 jalur, 2 lajur, lebar trotoar 1,5 m dan lebar median 2m. Dengan semakin bertambahnya penduduk yang melewati jalan Muhammad Yamin tersebut, maka akan menimbulkan masalah lalu lintas yang semakin banyak pula.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012