Perhitungan Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Simpang Blusuh- Batas Prov. Kalteng (STA. 34+ 500 s/d STA. 40 + 500) DiKabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi dibimbing Oleh Ari Sasmoko Adi, S.T, M.T elaku Pembimbing I dan Rosa Agusta

Eko Sutanto

Abstract


Eko Sutanto. 2012. Perhitungan Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Simpang Blusuh- Batas Prov. Kalteng (STA. 34+ 500 s/d STA. 40 + 500) DiKabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi dibimbing Oleh Ari Sasmoko Adi, S.T, M.T elaku Pembimbing I dan Rosa Agustaniah, ST. MTselaku Pembimbing II.

Kata Kunci :       Perhitungan  Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Simpang Blusuh- Batas Prov. Kalteng (STA. 34+ 500 s/d STA. 40 + 500) dengan Metode Bina Marga, No. SNI 378/KPTS/1987.

     Kalimantan Barat mempunyai peran utama dalam pembangunan wilayah, terutama sekali untuk pembangunan Provinsi Kalimantan Timur yang terletak di Kabupaten Kutai Barat yaitu dijalan Simpang Blusuh- Batas Prov. Kalteng .

     Pada tingkat Pulau Kalimantan, Kalimantan Timur merupakan bagian terpenting dari jaringan jalan Trans Kalimantan.

                Provinsi Kalimantan Timur terbagi menjadi beberapa Kabupaten, yaitu  sebagian besar merupakan areal terbuka dan pemukiman yang belum berkembang sumber daya alamnya, sedangkan sebagian merupakan pusat kota dan sentral bisnis kota Provinsi Kalimantan Timur. Pada saat ini wilayah tersebut hanya terhubung dengan akses yang dapat ditempuh melalui jalur darat. Sehingga  provinsi Kalimantan Timur membangun akses jalan darat yang terdapat pada Kabupaten Kutai Barat sehingga dapat menghubungkn provinsi Kalimantan Timur dengan Provinsi Kalimantan Tengah.

     Kurangnya prasarana yang menghubungkan dua provinsi tersebut, menimbulkan hambatan dalam mengembangkan wilayah tersebut.

    Melalui Tugas Akhir ini mahasiswa  dapat mengetahui dan dapat memperhitungkan akses jalan diwilayah jalan Simpang Blusuh- Batas Prov. Kalteng di Kabupaten Kutai Barat tersebut ,

   Dan Tugas Akhir ini disusun dengan tujuan dapat memahami dan membandingkan antara teori yang didapat selama kuliah dengan keadaan yang ada dilapangan. Lingkup pembahasan laporan ini meliputi Perhitungan- Perkerasan Lentur yang terdapat pada ruas jalan Simpang Blusuh- Batas Prov. Kalteng h yang berada dikabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur dengan Menggunakan Metode perhitungan Analisa Komponen No. SNI 378/KPTS/1987 dengan Umur Rencana 5 sampai dengan  10 Tahun yang akan datang.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012