PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN GUSIQ – SIMPANG BLUSUH DI STA 19+500 S/D 25+500 DI KABUPATEN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR

Sis wanto

Abstract


Abstrak

 

     Kalimantan Timur mempunyai peran utama dalam pembangunan wilayah, terutama sekali untuk pembangunan Provinsi Kalimantan Timur yang terletak di Kabupaten Kutai Barat yaitu dikota Gusiq.

     Pada tingkat Pulau Kalimantan, Kalimantan Timur merupakan bagian terpenting dari jaringan jalan Trans Kalimantan.

                Provinsi Kalimantan Timur terbagi menjadi beberapa Kabupaten, yaitu  sebagian besar merupakan areal terbuka dan pemukiman yang belum berkembang sumber daya alamnya, sedangkan sebagian merupakan pusat kota dan sentral bisnis kota Provinsi Kalimantan Timur. Pada saat ini wilayah tersebut hanya terhubung dengan akses yang dapat ditempuh melalui jalur darat. Sehingga  provinsi Kalimantan Timur membangun akses jalan darat yang terdapat pada Kabupaten Kutai Barat sehingga dapat menghubungkn provinsi Kalimantan Timur dengan Provinsi Kalimantan Tengah.

     Kurangnya prasarana yang menghubungkan dua provinsi tersebut, menimbulkan hambatan dalam mengembangkan wilayah tersebut.

    Melalui Tugas Akhir ini mahasiswa  dapat memprediksi pertumbuhan ekonomi dan dapat memperhitungkan akses jalan diwilayah kutai barat tersebut ,

Dan Tugas Akhir ini disusun dengan tujuan dapat memahami dan membandingkan antara teori yang didapat selama kuliah dengan keadaan yang ada dilapangan. Lingkup pembahasan laporan ini meliputi Perhitungan Perkerasan Lentur yang terdapat pada ruas jalan Gusiq-Simpang Blusuh yang berada dikabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012