PERENCANAAN JEMBATAN PADA JALAN PERNIAGAAN SAMARINDA KOTA

DADANG MUHAMMAD SOBIRIN

Abstract


Dadang Mohamad Sobirin, Perencanaan Jembatan pada Jalan Perniagaan Samarinda Kota, di bawah bimbingan Ir. Djoko Suryono, MT.dan Megawati,ST.,MT.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menggambarkan tentang Perencanaan Jembatan Pada Jalan Perniagaan Samarinda Kota, dalam memberikan pelayanan keamanan, kenyamanan, kontruksi yang akan digunakan untuk aktivitas berlalulintas oleh masyarakat di lokasi pasar segiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif kualitatif, yaitu jenis penelitian yang berusaha menggambarkan dan menjabarkan gejala-gejala yang ada atau terjadi pada kontruksi bangunan jembatan lama selama digunakan untuk aktivitas keluar masuk masyarakat di pasar segiri pada jembatan  perniagaan. Data yang akan disajikan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu, data yang diperoleh dari penelitian langsung dilapangan berupa data dari kontruksi bangunan lama, dan informasi dari Dinas Bina Marga sebagai pendukung histori bangunan lama, serta data sekunder, yaitu data yang diperoleh melalui telaah pustaka, baik melalui buku-buku, panduan perencanaan, teori-teori perhitungan kontruksi, peraturan-peraturan yang digunakan dalam perhitungan struktur pembebanan, dan akses internet yang dinilai relevan dengan tema yang diangkat dalam penelitian ini. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah metode analisis interaktif yang merupakan rangkaian dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kontruksi jembatan lama yang sekarang digunakan aktivitas lalulintas oleh masyarakat sangatlah berbahaya karena terjadi penurunan struktur abutmen yang tidak merata dengan yang lainnya, sehingga banyak terjadi retak struktur antara lain retaknya abutmen, wingwall oprit, expantion joint yang sudah membesar celahnya akibat penurunan abutmen, dan bagian plat lantai pejalan kaki/trotoar jembatan yang sudah terjadi belah memanjang jembatan. Walaupun dengan keadaan jembatan seperti itu, tidak berarti menghalangi kepada masyarakat untuk beraktivitas  bertujuan melintasi jembatan tersebut  menuju ke pasar segiri.

Kesimpulan dari penelitian tetang Perencanaan Jembatan pada Jalan Perniagaan Samarinda Kota ini dapat dikatakan layak untuk dibuat perencanaan ulang, karena dari data-data pendukung yang dikumpulkan sudah memadai, sehingga bangunan jembatan yang baru dapat diharapkan aman,nyaman pada saat digunakan oleh masyarakat.


Keywords


Perencanaan, Pembangunan Jembatan pada Jalan Perniagaan Samarinda Kota

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012