PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI PELAJAR SEKOLAH DI KAWASAN IR. H. JUANDA SAMARINDA

DITA IZMI FIRDAWATI

Abstract


Dita Izmi Firdawati, Kurang tersedianya angkutan umum yang memadai membuat perilaku perjalanan terutama anak sekolah memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke sekolah. Permasalahannya, faktor-faktor apa yang mempengaruhi pelajar  dalam memilih moda transportasi menuju sekolah dan moda transportasi yang banyak dipilih pelajar.

Survei dilakukan dengan menyebar 200 questioner pada pelajar SMP Negeri 4, SMP Negeri 5, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 5 Pada ruas jalan Ir. H. Juanda Samarinda. Hasil survey dianalisis dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan faktor-faktor pemilihan moda.

Hasil analisa menunjukan bahwa Faktor  yang mempengaruhi pelajar sekolah di kawasan Ir. H. Juanda Samarinda dalam memilih moda transportasi menuju  sekolah adalah faktor keamanan 31.316% , faktor  biaya 24.763%,  faktor waktu 23.841% dan faktor nyaman  20.080%.

Moda transportasi  yang banyak di pilih pelajar sekolah di kawasan Ir. H. Juanda Samarinda, moda transportasi motor pribadi  47.50% angkutan kota 28.50%, moda transportasi antar jemput 21.00% , 2.00%  moda transportasi pejalan kaki atau bersepeda. moda transportasi mobil pribadi 1.00%.


Keywords


Model pemilihan moda, angkutan umum, angkutan pribadi, Analytical Hierarchy Process.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012