ANALISIS DISTRIBUSI TIME HEADWAY KENDARAAN RINGAN KOTA SAMARINDA

RIKI SALMAWATI

Abstract


Time headway merupakan besaran mikroskopik arus lalu lintas yang sangat penting kegunaanya dalam analisis dan perencanaan suatu sistem transportasi. Pentingnya time headway mendorong penentuan standar nilai yang dapat digunakan untuk keperluan praktis. Beberapa pendekatan teoritis dengan menggunakan model-model distribusi statistik berdasarkan beberapa penelitian empiritis di Amerika telah menghasilkan suatu standar nilai time headway yang siap pakai untuk keperluan perencanaan dan analisis secara luas, Namum standar tersebut belum tentu cocok diterapkan di Indonesia karena suatu  perbedaan karakteristik baik pola arus lalu lintas maupun kendaraan yang ada di antara negara. Lalu lintas adalah sarana untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain, oleh karena itu lalu lintas merupakan salah satu masalah penting. Apabila arus lalu lintas terganggu atau terjadi kemacetan, maka mobilitas masyarakat juga akan mengalami gangguan. Gangguan – gangguan ini akan berdampak negatif pada masyarakat sekitar.

                Penelitian ini bertujuan mencari nilai time headway yang karakteristiknya sesuai dengan kondisi lalu lintas. Diantara parameter yang di hitung adalah model Distribusi Time Headway dan nilai sentral dari model.

                Penelitian mengambil kasus dua persimpangan antara jalan KH. Agus Salim – jalan Danau Toba dan jalan KH.Agus Salim – jalan Stadion Barat. Data di olah dengan menggunakan distribusi data pengamatan dan  model hubungan time headway dengan nilai sentral dari model distribusi time headway yang di uji.

                Dari hasil analisis diketahui sebagai berikut uji model distribusi persimpangan di dapat model exponentian. Terpilihnya model exponential menunjukkan bahwa arus yang terjadi pada simpang masih dalam katagori rendah. Untuk pengujian hubungan  antara time headway – volume diketahui bahwa kurva ,mengikuti bentuk pangkat.


Keywords


Distribusi Time Headway, Lalu Lintas

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012