ANALISA DIMENSI SALURAN PADA JALAN SLAMET RIYADI KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTA TIMUR

RIZQI MAULANA RAHMAN

Abstract


Rizqi Maulana Rahman, Analisa Dimensi Saluran Drainase Pada Jalan Slamet Riyadi Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, di bawah bimbingan Dr. Ir. Yayuk Sri Sundari, MT dan Zulfan Syahputra, ST., MT.

                Suatu kota yang berkelanjutan harus memiliki sistem drainase yang cukup memadahi. Genangan di ruas jalan masih sering terjadi dibeberapa kota, terutama kota padat penduduk.

Jalan Slamet Riyadi Kecamatan Sungai Kunjang yang terletak di Samarinda merupakan jalan utama menuju perkotaan Samarinda, di daerah tersebut terdapat rumah penduduk yang cukup padat, akan tetapi keadaan saluran di sekitar tidak memadahi. Karena hal itu di daerah tersebut mengalami genangan atau banjir, sehingga menggangu masyarakat sekitar yang menggunakan jalan tersebut untuk melakukan sebuah aktifitas perekonomian.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk penanggulangan banjir dengan menganalisa dimensi saluran jalan Slamet Riyadi dengan menggunakan metode (Gumbel) dan (Log Pearson Tipe III). Analisa ini melalui tahapan seperti ini, pengumpulan data curah hujan 18 tahun, pengumpulan data aktual lapangan (catchment area) sampai pada menganalisa saluran dimensi yang ada pada jalan Slamet Riyadi.


Keywords


Drainase, perkotaan, banjir

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012