ANALISA OPTIMALISASI PADA BENDALI V PAPAN LESTARI KOTA BALIKPAPAN

ALDY NURFAJRI

Abstract


Dalam rangka Pengendalian Banjir  Kota  Balikpapan Kota Balikpapan bekerjasama dengan Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Provinsi Kalimantan Timur untuk lebih memprioritaskan pada manfaat penyediaan air untuk kebutuhan air baku, untuk memenuhi kebutuhan air baku yang semakin melonjak maka dibutuhkan juga tempat penampungan air seperti Bendali V ini yang tidak hanya berfungsi sebagai pengendalian banjir tetapi juga bias dimanfaatkan untuk air baku, untuk memenuhi kebutuhan air baku yang semakin melonjak maka dibutuhkan juga tempat penampungan air seperti Bendali V ini yang tidak hanya berfungsi sebagai pengendalian banjir tetapi juga bias dimanfaatkan untuk air baku.

Analisa perhitungan ini menggunakan metode Model  F.J. Mock untuk mencari berapa debit air mingguan sungai Sepinggan pada tahun 2000-2014 dan metode Geometrik, Aritmatik untuk mencari berapa debit air baku yang diperlukan penduduk Perumahan Papan Lestari, Untuk mengetahui volume ketersediaan air baku yang dapat didistribusikan untuk Perumahan Papan Lestari Kota Balikpapan.

Debit air bulanan yang diperoleh di DAS Sepinggan pada Perumahan Sepinggan Papan Lestari  dengan menggunakan  metode  F.J.Mock  dapat memberikan  hasil   yang baik, dengan data curah hujan 14 tahun  ( tahun 2000 – 2014).  Besarnya debit bulanan  rata-rata yang diperoleh  berkisar  Q  = 0.100 m³/detik  sampai  dengan   0.516 m³/ /detik . Dari hasil analisa perhitungan yang telah dilakukan maka kebutuhan air baku yang diperlukan oleh penduduk Perumahan Papan Lestari adalah sebesar 3.930 lt/dtk.


Keywords


Bendali, debit air. DAS

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012