STUDI DINDING PENAHAN SUNGAI MAHAKAM DENGAN METODE SITE PILE PADA JALAN KH MAS MANSYUR KOTA SAMARINDA

IR WIN

Abstract


Kota Samarinda adalah salah satu Ibu kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 718.23 km² yang tidak luput dari bencana longsor, khususnya pada jaringan jalan raya yang merupakan salah satu prasarana perhubungan darat yang sangat penting dan merupakan unsur perkembangan wilayah di Propinsi Kalimantan Timur yang mengalami perkembangan pesat.

Longsoran yang  meliputi daerah kehutanan, pertanian, pemukiman, pengairan, jalan, prasarana dan sarana lainnya, memerlukan data yang lengkap, analisis yang teliti, serta memerlukan pula berbagai bidang keahlian dan koordinasi yang terpadu dalam penanggulangannya.

Selama ini telah banyak literatur yang membahas teori, penyelidikan dan penanggulangan longsoran. Demikian pula telah banyak dilakukan penyelidikan dan penanggulangan longsoran yang terjadi pada jaringan jalan, jaringan pengairan dan jaringan pemukiman.

                Banyaknya kegiatan fisik khususnya penanggulangan longsoran yang sedang berjalan, tentunya juga menuntut adanya kemampuan, keahlian dan sumber daya manusia yang cukup tinggi, baik dalam perencanaan proyek, pengawasan dan pelaksanaan di lapangan.

                Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota sebagai Dinas yang memegang peranan penting dalam meningkatkan mutu dan fasilitas Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Kota Samarinda Khususnya Pada Pembangunan dinding penahan tanah ( sheet pile ) maka Pemerintah Kota Samarinda Melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Samarinda wilayah ini  mengalami longsoran di ruas jalan tersebut, sehingga diharapkan penanganan yang dapat memberikan penyelesaiaan untuk menangani longsoran - longsoran yang ada sekarang ini maupun di masa yang akan datang.

                Sehubungan dengan hal diatas maka, mulailah dengan penanganan longsoran yang nantinya diharapkan dapat menunjang dan meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi, tanpa harus kuatir kemacetan dan keselamatan bagi pengguna jalan, selain itu juga di ruas jalan tersebut mengalami lonsoran di tahun 2014 yang mengakibatkan rusak atau patahnya Rigid Pavement sepanjang 80,00 meter maka direncanakan Pembangunan Dinding Penahan Tanah dan yang akan di laksanakan pada tahun 2015 pada ruas Jalan KH Mas Mansyur Kecamatan Loa Bakung Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012