ANALISA PERBANDINGAN AGREGAT KELAS C MURNI DENGAN CAMPURAN PEMAKAIAN ABU BATU PADAS

IWAN SUBIYANTORO

Abstract


Iwan Subiyantoro, Analisa Perbandingan Agregat Kelas C Murni Dengan Campuran Pemakaian Abu Batu Padas, di bawah bimbingan Bapak Dr.Ir.H. Habir, MT  dan Ibu Musrifah Tohir, MT

Agregat merupakan komponen utama dari lapis perkerasan jalan. Yaitu 90 – 95% agregat, berdasarkan presentase berat atau 75-85% agregat berdasarkan volume. Dengan demikian daya dukung, keawetan dan mutu perkerasan jalan ditentukan juga dari sifat agregat dan hasil campuran agregat dengan material lain. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik nilai CBR dengan menggunakan bahan campuran abu batu padas.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang dilakukan di laboratorium Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda dengan variasi bahan tambah abu batu padas 0%, 2%, 5% dan 10%. Dengan menggunakan Metode pengujian pemadatan modified dan pengujian CBR. Untuk mendapatkan nilai CBR.

Penggunaan bahan tambahan abu batu padas pada agregat kelas C mengasilkan kenaikan nilai CBR di tiap penambahan abu batu padas yakni pada saat 0% nilai CBR 36.5%, 2% nilai CBR 38%, 5% nilai CBR 43 % dan 10% nilai CBR 46.5%. sehingga di simpulkan dengan menggunakan bahan tambah tersebut dapat menambah nilai kuat CBR material tersebut.

Kata kunci : Agregat, Bahan Tambah Agregat, Nilai CBR


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012