PENGARUH PENAMBAHAN ANTI STRIPPING PADA CAMPURAN ASPAL BETON AC-WC DENGAN MATERIAL SPLIT EX. PALU DAN PASIR PUTIH EX. MUARA BADAK

SUKMA DESTIANI

Abstract


Dalam masa pelayanannya, campuran aspal akan mudah mengalami stripping atau pengelupasan aspal dari agregat yang disebabkan oleh hilangnya ikatan atau adhesi dari campuran tersebut. Hal ini mengakibatkan beberapa jenis kerusakan perkerasan seperti bergelombang, retak – retak dan mendorong pelepasan butiran-butiran agregat pada badan jalan.

Salah satu cara untuk mengatasi kerusakan-kerusakan pada jalan dengan memperbaiki perilaku campuran beraspalnya,yaitu dengan cara meningkatkan kualitas sifat-sifat aspal, kualitas agregat, dan memperbaiki mekanisme pengolahan.

Metode - metode yang digunakan dalam menganalisa mengacu kepada (Standar Nasional Indonesia) dan Spesifikasi Umum. Untuk mendapatkan hasil analisa yang sesuai dengan standar dan spesifikasi maka benda uji di buat bervariasi seperti menggunakan variasi batas atas,tengah ataupun bawah pada perencanaan analisa saringan dan komposisi campuran sesuai dengan hasil presentasi serta pengaruh penambahan anti stripping (anti pengelupasan) pada campuran aspal .

Adapun batasan masalah dalam penelitian ini antara lain adalah Campuran aspal yang ditinjau adalah aspal beton AC-WC, material menggunakan Split Ex. Palu, dan Pasir Putih Ex. Muara Badak, aspal yang digunakan yaitu aspal pertamina penetrasi 60/70, parameter pengujian menggunakan metodemarshall dan pada pengujian stabilitas sisa marshall dengan kadar aspal optimum menggunakan penambahan anti stripping sebanyak 0,2%, 0,3%, 0,4%, 0,5% terhadap berat aspal, tidak melakukan penelitian terhadap anti stripping, Tidak melakukan pengujian pada aspal.

Maksud dari penelitian ini adalah  menganalisa pengaruh penambahan Anti Stripping pada campuran aspal beton AC–WC dengan menggunakan material Split Ex. Palu dan Pasir Putih Ex. Muara Badak. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan anti stripping pada campuran aspal AC–WC menggunakan material Split Ex. Palu dan Pasir Putih Ex. Muara Badak terhadap nilai – nilai karakteristik Marshall yang memenuhi spesifikasi.


Keywords


anti stripping agent, Wetfix BE

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012