PERENCANAAN SALURAN IRIGASI DESA SANTAN ULU KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

DIMAS ERIYANDITA

Abstract


PERENCANAAN SALURAN IRIGASI

 DESA SANTAN ULU KECAMTAN MARANGKAYU

KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Dimas Eriyandita  1)

Daru purbaningtyas, ST,.MT  2)

Syahrul, ST,. M,Eng  3)

INTISARI

Desa Santan Ulu  terletak di Kecamatan Marangkayu Kabupateb Kutai Kartanegara. Wilayah ini memiliki potensi untuk di kembangkan jaringan irigasi seluas ± 200 Ha. Tujun penulisan ini adalah merencanakan jaringan irigasi teknik dan saluran irigasi di wilayah tersebut.

Pengembangan jaringan irigasi teknik memerlukan perencanaan jaringan saluaran irigasi yang meliputi saluran irigasi primer, sekunder dan tersier. Data yang digunakan dalam perencanaan adalah data meteorologi yaitu data curah hujan, temperatur, kelembapan , kecepatan angin, penyinaran matahari, peta contur, tata guna lahan dan jenis tanah setempat.

Hasil studi memberikan besaran kebutuhan air maks untuk lahan irigasi 1,965 lt/dt/ha. Dimensi saluran irigasi primer SM 1 bentuk trapesium dengan panjang  L = 295 m, b = 0,80 m, T = 1,66 m, dan h = 1 m. Dimensi saluran sekunder SJ 1, berbentuk trapesium dengan panjang L = 450 m, b = 0,25 m, T = 0,58 m dan h = 0,55 m. Dan dimensi saluran tersier ST 11 berbentuk trapesium dengan panjang  L = 350 m, b = 0,39 m, T = 0,81 m dan h = 0,70 m.

 

Kata kunci : saluran irigasi primer, sekunder, tersier.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012