PERKERASAN CAMPURAN ASPAL AC-WC DENGAN MATERIAL LOKAL

HELMI RINALDI

Abstract


Campuran aspal beton (AC-WC) adalah salah satu lapisan permukaan pada konstruksi perkerasan lentur jalan raya. Komposisinya terdiri atas : aspal, batu split, pasir dan abu batu. Split agregat mempunyai peranan yang sangat penting dalam campuran lapis aspal beton (AC) dalam menentukan daya dukung pada campuran . Aspal berfungsi sebagai bahan pengikat untuk menyatukan fraksi-fraksi agregat, namun diharapkan menyisakan rongga udara sesuai yang dianjurkan spesifikasi.

 

 

Laston sebagai lapis aus (AC-WC / Asphalt Concrete - Wearing Course) merupakan lapis yang mengalami kontak langsung dengan beban dan lingkungan sekitar, maka diperlukan perencanaan dari  beton  aspal AC-WC yang  sesuai  dengan  spesifikasi sehingga lapis  ini  bersifat kedap air,  tahan  terhadap cuaca,  dan  mempunyai stabilitas yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai stabilitas marshall, kelehan marshall dan parameter-parameter marshall.

 

 

Metode perhitungan analisa saringan, pemeriksaan agregat, pengujian keausan agregat, pengujian berat jenis dan penyerapan air dengan menggunakan metode marshall Spesifikasi Umum 2010 – Revisi 3 – Divisi 6 (Direktorat Jendral Bina Marga). Penulis membuat skripsi mengenai bahan lokal (Agregat Ex. Sambera Dan Ex. Anggana) sehingga penggunaan Agregat lokal Ex. Sambera dan Ex. Anggana dapat digunakan sebagai campuran aspal.


Keywords


Batu pecah, abu batu ex. sambera, pasir putih ex. anggana dan aspal pen 60/70

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012