OPTIMASI PENGGUNAAN ASPAL PENETRASI 60/70 PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE BASE (AC – BASE)

MUHAMMAD TONI SAIFUDDIN

Abstract


Perkerasan lentur (Flexible Pavement) adalah sistim perkerasan dimana konstruksinya  terdiri dari beberapa lapisan (Sukirman, S, 1999). Tiap-tiap lapisan perkerasan pada umumnya menggunakan bahan maupun persyaratan yang berbeda sesuai dengan fungsinya yaitu, untuk menyebarkan beban roda kenderaan sedemikian rupa sehingga dapat ditahan oleh tanah dasar dalam batas daya dukungnya. Asphalt Concrete Base (AC-Base) adalah campuran aspal panas yang bernilai struktural terletak paling bawah. Asphalt Concrete Base (AC-Base) merupakan lapis perkerasan beraspal yang terletak di bawah lapis Asphalt Concrete - Binder Course (AC-BC). Difungsikan sebagai lapisan antara mencegah rembesan air dari atas masuk ke lapisan pondasi tetapi harus memiliki VIM, VMA,VFA, Stabilitas, Kelelehan (Flow), dan Durabilitas, yang memenuhi syarat gradasi Asphalt Concrete Base (AC-Base Batas Bawah dan Batas Tengah. Lapis Aspal Beton (LASTON) adalah merupakan suatu lapisan pada konstruksi jalan yang terdiri dari agregat kasar, agregat halus, filler dan aspal keras, yang dicampur, dihampar dan dipadatkan dalam keadaan panas pada suhu tertentu. Jenis perkerasan aspal Laston seperti Asphalt Concrete Wearing Coarse (ACWC), Asphalt Concrete Binder Coarse (ACBC) dan Asphalt Concrete Base (AC-Base) Sukirman, S, 2003

Tujuan dari penelitian ini mengetahui mengetahui pemakaian aspal yang optimum yang memenuhi syarat Asphalt Concrete Base (AC-Base) batas bawah dan batas tengah. Maksud dari penelitian optimasi penggunaan aspal Pen 60/70 terhadap campuran Asphalt Concrete Base (AC-Base) adalah : 1. Mengetahui kadar aspal optimum Asphalt Concrete Base (AC-Base) Batas Bawah dan Batas Tengah. 2. Mengetahui nilai kadar aspal Optimum Void In the Mix (VIM), Void in the Mineral Aggregate (VMA), Void Filled with Asphalt (VFA), Stabilitas, Flow, dan Durabilitas, Asphalt  Concrete Base (AC-Base) Batas Bawah dan Batas Tengah Manfaat penelitian memberikan informasi tetang kinerja aspal Pen 60/70 ex.Petamina terhadap karakteristik Asphalt Concrete Base (AC-Base) dan memberikan informasi tentang penggunan aspal optimum campuran Asphalt Concrete Base (AC- Base) Batas Bawah dan Batas Tengah.

Permasalah dalam penelitian ini adalah 1. Berapa persentase dari pemakaian aspal yang optimum pada campuran Aspal Concrete Base (AC-Base) Batas Bawah dan Batas Tengah ? dan 2. Berapa nilai Kadar Aspal Optimum, Void In the Mix (VIM), Void in the Mineral Aggregate (VMA), Void Filled with Asphalt (VFA), Stabilitas, Kelelehan (Flow), Density dan Durabilitas, Asphalt Concrete Base (AC-Base) Batas Bawah dan Batas Tengah ?


Keywords


Optimum Asphalt Content-Base AC, Immersion Index, Lower Limit and the Central Limit.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012