ANALISIS KINERJA DAN PERENCANAAN MEDIAN RUAS JALAN PANGERAN MUHAMMAD NOOR KOTA SAMARINDA

IRTAWAN PRASETIYA

Abstract


Irtawan Prasetiya, Analisis Kinerja Dan Perencanaan Median Ruas Jalan Pangeran Muhammad Noor Kota Samarinda, di bawah bimbingan DR. Ir. H. Benny Mochtar EA, MT dan Rosa Agustaniah, ST, MT

Jalan Pangeran Mohammad Noor merupakan salah satu ruas di kota Samarinda yang merupakan salah satu jalan Arteri Primer, yang menghubungkan antara Kecamatan Samarinda Ulu ke Kecamatan Samarinda Utara. Di ruas jalan ini banyak kendaraan bermuatan berat melalui, karena merupakan jalan menuju ke dalam atau luar kota Samarinda  serta menuju kabupaten/kota di daerah Utara Provinsi Kalimantan Timur. Jalan Pangeran Mohammad Noor memiliki karakteristik yaitu dengan lebar jalan 12 m, 2 jalur, 2 lajur dan 2 arah tanpa pembatas. Lingkungan ruas jalan ini terdapat beberapa perumahan-perumahan dan merupakan daerah komersial.

Evaluasi kinerja ruas Jalan Pangeran Mohammad Noor dengan menggunakan median dan tanpa menggunakan median beserta perencanaan pembatas jalan permanen(median jalan). Disamping itu tujuan ini untuk meningkatkan keselamatan, kelancaran dan kenyaman bagi pemakai jalan maupun lingkungan.

Hasil analisis kinerja ruas jalan Pangeran Muhammad Noor di bagi menjadi 2 (dua) segmen dengan membandingkan beberapa kondisi, yaitu yang pertama, pada kinerja ruas jalan pada jam puncak terbesar dan kinerja ruas jalan pada rata-rata dengan menggunakan median, yang kedua pada kinerja ruas jalan pada jam puncak terbesar dan kinerja ruas jalan pada rata-rata tanpa menggunakan median.

Berdasarkan kinerja dan perencanaan median pembatas jalan permanen (median) dibuat dengan penjelasan ukuran perencanaan sesuai dengan fungsi ruas jalan baik menyangkut lebar median yang dihitung dari kedua marka, tipe median, tinggi median dan ruang bebas median.


Keywords


Kinerja Ruas Jalan, Perencanaan Median Jalan

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012