ANALISA KAPASITAS DAN TINGKAT PELAYANAN RUAS JALAN DI KOTA SAMARINDA

MUKH LISIN

Abstract


Melihat kondisi kota Samarinda saat ini, jika ditinjau dari segi sarana dan prasarana transportasi meskipun belum dapat dikatakan padat tapi sudah mulai berbanding terbalik. Dimana kebutuhan akan jalan tidak sebanding dengan banyaknya jumlah kendaraan yang ada. Sehingga hal ini akan menimbulkan dampak negatif terhadap pergerakan lalu-lintas, misalnya terjadi peningkatan volume lalu-lintas pada ruas-ruas jalan tertentu yang mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang terutama pada jam-jam sibuk. Akibatnya, jarak yang sebenarnya singkat akan ditempuh dalam waktu yang cukup lama. 

              Studi yang dilakukan pada penelitian ini bersifat riset yang dilakukan pada ruas jalan Dr.Soetomo – jalan  Pahlawan – jalan Kusuma Bangsa – jalan KH. Agus Salim – jalan Basuki Rahmat II – jalan Awang Long kota Samarinda dengan tujuan untuk menghitung kapasitas dan tingkat pelayanan, yaitu dengan cara melakukan survey selama 3 hari (dimulai dari Pagi jam 07.00 – 09.00, Siang jam 12.00 – 14.00 dan Sore jam 16.00 – 18.00) yang mana dari survey ini didapatkan data volume lalu-lintas, hambatan samping serta data geometrik jalan. Dalam pengolahan data dilakukan dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dimana derajat kejenuhan (DS) sebagai indikator perilaku lalu-lintas pada ruas jalan Dr.Soetomo – jalan  Pahlawan – jalan Kusuma Bangsa – jalan KH. Agus Salim – jalan Basuki Rahmat II – jalan Awang Long Kota Samarinda.

              Dari hasil pengolahan data survey hari Senin, 25 april 2016 (jam puncak) diperoleh nilai kapasitas pada ruas jalan Dr.Soetomo yaitu sebesar 5707,680 smp/jam, Volume Kendaraan Q= 3751,100 Smp/Jam, Derajad Kejenuhan DS = 0,66, Kecepatan VLv = 42 Km/Jam. Maka diperoleh Tingkat Pelayanan LOS = C yang artinya bahwa volume lalulintas pada jalan Dr.Soetomo saat ini berada pada arus stabil kecepatan dikontrol oleh lalu lintas, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan.

              Dari hasil pengolahan data survey hari Senin, 02 Mei 2016 (jam puncak) diperoleh nilai kapasitas pada ruas jalan Pahlawan yaitu sebesar 4908,60 smp/jam, Volume Kendaraan Q= 4164,800 Smp/Jam,  Derajad Kejenuhan DS = 0,85, Kecepatan VLv = 33 Km/Jam. Maka diperoleh Tingkat Pelayanan LOS = D yang artinya bahwa volume lalulintas pada jalan Pahlawan saat ini berada pada arus stabil kecepatan dikontrol oleh lalu lintas, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan.

              Dari hasil pengolahan data survey hari Senin, 09 Mei 2016 (jam puncak) diperoleh nilai kapasitas pada ruas jalan Kusuma Bangsa yaitu sebesar 5193,99 smp/jam, Volume Kendaraan Q = 2691,800 Smp/Jam, Derajad Kejenuhan DS = 0,52, Kecepatan VLv = 42 Km/Jam. Maka diperoleh Tingkat Pelayanan LOS = B yang artinya bahwa volume lalulintas pada jalan Kusuma Bangsa saat ini berada pada arus stabil, kecepatan sedikit terbatas oleh arus lalu lintas, pengemudi dapat memiliki kebebasan yang cukup untuk memilih kecepatan.


Keywords


analisa kapasitas, kecepatan, tingkat pelayanan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012