ANALISIS KARAKTERISTIK PEJALAN KAKI JALAN PANGLIMA BATUR KOTA SAMARINDA
Abstract
Roni Ramadhani 2012,Analisis Karakteristik Dan Tingkat Pelayanan Pejalan Kaki Jalan Panglima Batur Kota Samarinda. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik,Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.Pada dasarnya kinerja lalu lintas pejalan kaki diekspresikan dengan cara yang mirip dengan ekspresi kinerja lalu lintas kendaraan yaitu dengan arus, kecepatan, dan kepadatan yang saling berhubungan. Pada penelitian ini mengambil lokasi di Pedestrians Panglima Batur kota Samarinda. Dengan pertimbangan, Jalan Panglima Batur merupakan salah satu pusat penjualan berbagai macam kebutuhan masyarakat Samarinda.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik pejalan kaki, bagaimana hubungan antara kecepatan (speed), arus (flow), kepadatan (density), dan ruang (space) di kawasan tersebut. Selain itu untuk mengetahui besarnya kapasitas dan Level Of Service (LOS) apakah masih bisa menampung jumlah pejalan kaki yang ada.Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode survei dan metode analisis. Metode survei yakni dengan menggunakan teknik manual dalam pengamatan dan pengambilan data di lapangan. Dari hasil survei di lapangan didapatkan data jumlah pejalan kaki dan waktu tempuh pejalan kaki. Sedangkan metode analisis yakni dengan menggunakan metode Greenshields. berdasarkan besarnya arus dan besarnya nilai ruang (space) pejalan kaki untuk pejalan kaki pada interval 5 menitan yang terbesar dan dicocokkan dengan kondisi lapangan yaitu pada segmen A dengan arus 11.1565 dan 13.0612 dengan ruang 3.5116 dan 3.3240 pada segmen B dengan arus 12.7536 dan 13.4783 dengan ruang 3.6900 dan 3.3827,Sedangkan tingkat pelayanan Segmen A dan B termasuk tingkat pelayanan “C”. hal ini menunjukkan fasilitas pejalan kaki di Jalan Panglima Batur Kota Samarinda belum mampu menampung jumlah pejalan kaki yang ada dan pada Segmen A1,B1,C dan C1 termasuk tingkat pelayanan ‘’B’’ hal ini menunjukkan fasilitas pejalan kaki di Jalan Panglima Batur Kota Samarinda masih mampu menampung jumlah pejalan kaki yang ada.
Full Text:
docRefbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012