ANALISIS KAPASITAS RUAS JEMBATAN KUTAI KERTANEGARA
Abstract
Transportasi adalah sarana penunjang yang penting bagi pembangunan suatu negara yang sedang berkembang. Hal tersebut tercermin semakin meningkatnya kebutuhan akan transportasi. Kebutuhan transportasi bagi mobilitas manusia, barang dan jasa setiap tahunnya akan meningkat sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan populasi penduduk. Pertumbuhan populasi penduduk akan mengakibatkan meningkatnya kebutuhan transportasi.
Jembatan adalah suatu struktur kontruksi yang memungkinkan rute transportasi melalui sungai, danau, kali, jalan raya, jalan kereta api dan lain-lain.
Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai saluran irigasi dan pembuang . Jalan ini yang melintang yang tidak sebidang dan lain-lain.
Pembangunan jembatan ini dimulai pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut. Jembatan ini merupakan sarana penghubung antara kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke Kota Samarinda ataupun sebaliknya yang dapat ditempuh hanya sekitar 30 menit. Melewati Jembatan Gerbang Dayaku Kutai Kartanegara ada pemandangan menarik yang dapat disaksikan, yaitu hamparan sebuah pulau kecil yang memisahkan Tenggarong dan Kecamatan Tenggarong Seberang, yaitu Pulau Kumala, sebuah pulau yang telah disulap menjadi Kawasan Wisata Rekreasi yang banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
Adanya jembatan Kutai Kartanegara yang merupakan jembatan penghubung maka banyak aktifitas mobilisasi pergerakan arus lalu lintas maka harus dilakukan perhitungan kapasitas ruas jembatan untuk mengukur kinerja dan tingkat pelayanan untuk jembatan..
Karakteristik fisik Jembatan Kutai Kertanegara memiliki panjang 750 meter, memiliki kondisi perkerasan yang relatif baik dengan permukaan yang cukup rata. Jembatan ini merupakan jalan dua arah tanpa pemisah median dan memiliki dua lajur. Tiap tiap lajur lebarnya 3 meter sehingga lebar badan jalan adalah 6 meter. Di sebelah kiri dan kanan jalan dilengkapi dengan trotoar selebar 1 meter. Jembatan Kutai Kertanegara merupakan jembatan penghubung dari Kota Tenggarong ke Tenggarong Seberang menuju Kota Samarinda dan sekitarnya, sehingga banyak dilalui oleh kendaraan yang mempengaruhi kapasitas dari Jembatan Kutai Kartanegara.
Full Text:
docRefbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012