ANALISA PERHITUNGAN STRUKTUR JEMBATAN HANDIL USU RT.19 KECAMATAN SAMBOJA DENGAN KONSTRUKSI BOX GIRDER PRESTRESSED SEGMENTAL

NUR MUHAMMAD RIZKI

Abstract


Nur Muhammad Rizky, Jembatan box girder prestress terdiri dari satu atau beberapa balok kotak yang dibangun dari beton yang diberi penekanan terlebih dahulu melalui proses stressing sebelum dibebani. Ternyata teknik tersebut cukup efektif karena selain beton dapat memikul beban yang lebih besar dari sebelumnya dan dapat memperkecil berat sendirinya dan ukuran penampangnya. Hal ini jelas sangat menguntungkan dunia konstruksi karena volume bahan dapat dikurangi sehingga berat profil menjadi lebih ringan, beban struktur atas yang dipikulkan ke pondasi juga menjadi lebih kecil, dan jembatan box girder prestress juga mampu menahan lendutan, geser dan torsi secara efektif.

Jembatan handil usu RT.19 kecamatan samboja sendiri menggunakan struktur jembatan rangka baja dengan panjang bentang 60 meter. Dikarenakan metode beton prategang tergolong relatif baru dan memiliki kekuatan menahan beban yang sangat besar. Oleh karena itu dilakukan modifikasi pada perencanaan jembatan handil usu RT.19 kecamatan samboja yang semula menggunakan sistem rangka baja dimodifikasi menjadi jembatan dengan menggunakan struktur Box Girder Prestressed Segmental.

Analisa perhitungan struktur jembatan Box Girder Prestressed Segmental menggunakan peraturan SNI T-02-2005 tentang pembebanan pada jembatan. Tinjauan perhitungan meliputi perhitungan tiangan sandaran, trotoar, palat injak, lantai kendaraan, Box Girder Prestress, Abutment, wing wall, dan pondasi tiang pancang.


Keywords


: tiang sandaran, trotoar, plat injak, lantai kendaraan, box girder prestress, abutment, wing wall, pondasi tiang pancang.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012