PERENCANAAN STASIUN KERETA DI BALIKPAPAN

SANTOSO JONATHAN CAHYA

Abstract


Stasiun Kereta Api di Balikpapan secara harafia berarti tempat dimana para penumpang dapat naik-turun dalam memakai sarana transportasi Kereta Api di kota Balikpapan Provensi Kalimantan Timur, INDONESIA. Selama ini Transportasi umum di daratan Kalimantan khususnya Kalimantan Timur hanya mengandalkan kendaraan bus dan taxi. Namun karna keterbatasan kapasitas dan kurangnya dukungan infrastrukur yang baik, transportasi massal didaratan Kalimantan ini Tidak berjalan optimal. Oleh karena itu diperlukan transportasi massal di darat yang mampu mengoptimalkan aksesbilitas masyarakat Kalimantan. Kereta Api merupakan solusi terbaik yang dapat mengoptimalkan transportasi di daratan Kalimantan Timur.

Kebutuhan dan keinginan harus dipadukan untuk menciptakan suatu karya yang dapat memuaskan pengguna Stasiun itu sendiri. Perencanaan Stasiun Kereta Api di Balikpapan merupakan jawaban dari hasil analisa kekurangan stasiun-stasiun yang sudah ada di Indonesia.

Stasiun Kereta Api di Balikpapan ini menutamakan konsep pencapaian antar ruang yang mudah karena pengelompokan alur Ruang yang sesuai dan mudah di pahami. Selain itu Stasiun Kereta Api di Balikpapan Mengunakan Gaya Arsitektur Futuristic yang digandrungi pada era sekarang ini.


Keywords


Stasiun, konsep, Futuristic

Full Text:

doc

References


D.K.Ching, Francis, Arsitektur :bentuk, ruang, dan tatanan. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2005

Jimmy S, Panduan sistem Bangunan Tinggi. Jakarta; Penerbit Erlangga, 2005 Neufert, Ernest, Data Arsitek. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1996 https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_kereta_api http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2015/PM_48_Tahun_2015.pdf https://id.wikipedia.org/wiki/Peron https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkeretaapian_di_Indonesia http://bappeda.balikpapan.go.id/

http://dishub.kaltimprov.go.id/

http://cv-yufakaryamandiri.blogspot.co.id/2011/03/organisasi-ruang-dalam- arsitektur.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012