PERBANDINGAN RENCANA ANGGRAN BIAYA ANTARA LAPIS PERKERASAN LENTUR DENGAN KAKU PADA RUAS JALAN BONTANG-SANGATTA KALIMANTAN TIMUR

DONNY AIDIL SAPUTRA

Abstract


Jalan raya mempunyai fungsi yang sangat besar dalam proses perkembangan pembangunan nasional. Pada sektor tranportasi, jalan berperan penting dalam penyedia jasa tranportasi dan barang, yang pada akhirnya dapat memicu pertumbuhan roda perekonomian secara cepat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

                      Seperti pada Proyek pembangunan jalan ruas Bontang - Sangatta yang merupakan jalan Provinsi dengan sumber dana APBN tahun 2007 -2008, yang mana sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan pembangunan di daerah Bontang – Sangatta dan diharapkan bisa meratakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Seiring berkembangnya pertumbuhan dan pembangunan di daerah Bontang – Sangatta yang akhirnya berpengaruh terhadap bertambahnya statistik jumlah kendaraan pertahunnya dan ditambah dengan curah hujan yang cukup tinggi sehingga banyak mengakibatkan kerusakan jalan di sepanjang ruas jalan Bontang -  Sangatta yang berdampak pada proses perekonomian masyarakat setempat.

Oleh tuntutan lalu lintas yang terus berkembang maka jenis perkerasan jalanpun akhirnya mengalami perubahan dan perkembangan dari yang umum  dikenal perkerasan lentur, sekarang mulai dikenalkan perkerasan kaku. Dari kedua jenis perkerasan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing , namun dalam suatu perencanaan yang matang perlu dipertimbangkan antara umur jalan dan besar estimasi biaya agar pada pelaksanaanya tercapai suatu mutu dengan kwalitas yang baik, dan dengan biaya yang efisien.

Sesuai dengan latar belakang  di atas, untuk mengetahui perbedaan biaya awal pembangunan perkerasan kaku dan lentur maka tugas akhir ini mengangkat judul : ”Perbandingan Rencana Anggaran Biaya Antara Lapis Perkerasan Lentur dengan Kaku Pada Ruas Jalan Bontang – Sangatta Kalimantan Timur”.


Keywords


• People who stop learning means that people are losing their future • People eho quit associating the person who lost the good time in his life

Full Text:

Untitled doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012