ANALISIS PERKERASAN BETON SEMEN RUAS JALAN GUNUNG PETUNG PAL 6 TEMBUS KELURAHAN BUKIT BIRU TENGGARONG

MUL YADI

Abstract


Kondisi kapasitas jalan cenderung tetap berbanding terbalik degan tingkat pertumbuhanhan kendaraan yang terus bertambah setiap tahunnya.Penelitian ini bertujuan mengetahui tingakat kebutuhan jalan yang ada di Ruas Jalan Gunung Petung Pal 6 Tembus Keluran Bukit Biru Tenggarong. Lajunya pertumbuhan penduduk di kawasan tersebut dan rata – rata dari meraka memiliki kendaraan maka kalau tidak diikuti dengan pengembangan infrastruktur dapat mengakibatkan permasalahan-permasalahan, salah satunya adalah transportasi.

Penelitian ini juga bertujuan untuk para penduduk yang mayoritas petani agar mereka  mudah dalam hal transportasi untuk mengangkut hasil tani yang dihasilkan.

 

Selain itu,perimbangan keuangan antara pusat dan daerah, yang merupakan wujud nyata dari Undang – undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah ternyata memberikan peluang kepada daerah untuk mengatur daerahnya sendiri, hal ini dapat dilihat hampir di semua daerah di indonesia yang sedang berlomba-lomba dalam hal pembangunan  guna peningkatan sarana dan prasarana untuk menunjang perekonomian dan perkembangan daerah. Selain itu, banyaknya kegiatan fisik pembangunan yang sedang berjalan, tentunya juga menuntut adanya kemampuan, keahlian dan sumber daya manusia yang cukup tinggi, baik dalam perencanaan proyek, pengawasan, dan pelaksanaan di lapangan. Salah satu program dalam peningkatan sarana dan prasarana di Kabupaten Kutai Kartanegara, adalah program peningkatan jalan dan jembatan yang di wujudkan dalam kegiatan peningkatan jalan Gunung Petung Pal 6 Tembus kelurahan Bukit Biru, sehingga diharapkan dapat memberikan layanan dan kenyamanan yang lebih maksimal bagi pengguna jalan dan masyarakat di wilayah tersebut. 


Keywords


Transportasi

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012