PERHITUNGAN STRUKTUR JEMBATAN BETON BERTULANG SUNGAI SINDORO DI DESA CITRA MANUNGGAL JAYA KECAMATAN KALIORANG KABUPATEN KUTAI TIMUR

QIFAUL MUKHORIN

Abstract


INTISARI

Jembatan beton bertulang balok “T” Girder adalah salah satu dari berbagai jenis jembatan yang dapat digunakan untuk menghubungkan tepi daratan ke tepi daratan selanjutnya, namun kemampuan efektif  jembatan beton bertulang balok “T” Girder hanyalah 10 - 26 meter (Bambang Supriadi 2007).

Keadaan jembatan Sungai Sindoro di Desa Citra Manunggal Jaya yang sudah tidak layak lagi untuk dilalui kendaraan yang memuat hasil pertanian dan perkebunan masyarakat setempat, menjadi alasaan penting melakukan penelitian di daerah tersebut.

Analisa perhitungan jembatan beton bertulang balok “T” girder menggunakan peraturan SNI T-02-2005 tentang pembebanan pada jembatan. Dari proses analisa di peroleh kesimpulan, Panjang bentang jembatan 20 m, lebar 9 m, 5 buah balok utama 24 buah balok diafragma serta untuk pondasi tiang pancang digunakan diameter 30 cm, kedalaman 18 meter dalam keadaan End Bearing, serta dibutuhkan 60 buah titik pancang.

Kata Kunci, tiang sandaran, trotoar, plat injak, lantai kendaraan, balok T girder, balok diafragma, abutment, wing wall, pondasi.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012