PERHITUNGAN STABILITAS LERENG JALAN SOEKARNO-HATTA STA 111+500 SAMARINDA-BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR

HEVI RIANI

Abstract


ABSTRAKSI

Pada permukaan tanah vertikal, komponen gravitasi cenderung untuk menggerakkan tanah ke bawah. Apabila komponen gravitasi semakin besar sehingga perlawanan terhadap geseran yang dapat dikembangkan oleh tanah akan terlampaui, maka akan terjadi kelongsoran. Longsor yang terjadi dapat juga disebabkan karena sifat alam yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan berbagai bentuk perubahan dengan membuat sesuatu yang baru dan berbeda.

Usaha perbaikan perbaikan tanah agar tidak terjadi longsor pada daerah tebing dapat dilakukan dengan pembuatan konstruksi dinding penahan tanah. Dinding penahan tanah merupakan komponen struktur bangunan penting utama untuk jalan raya dan bangunan lingkungan lainnya yang berhubungan tanah berkontur atau tanah yang memiliki elevasi berbeda.

Pada Studi ini dilakukan perencanaan teknis penanggulangan longsoran yang berada di ruas Jalan Soekarno-Hatta pada STA 111+500 Samarinda-Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur. Lokasi ini berpotensi rawan longsor, khususnya disekitar badan jalan, diantaranya sebagai akibat curah hujan yang cukup tinggi yang menyebabkan terjadinya longsoran pada badan jalan dan pada lokasi stabilitas badan jalannya menurun akibat pembebanan jalan sehingga berpotensi longsor.

Tujuan tugas akhir ini :

  1. Dapat menghitung stabilitas lereng yang terjadi ruas jalan Soekarno-Hatta  STA 111+500 Samarinda-Balikpapan
  2. Dapat menghitung dinding penahan tanah ruas jalan Soekarno-Hatta  STA 111+500 Samarinda-Balikpapan

Berdasarkan analisa stabilitas lereng dan perencanaan dinding penahan tanah pada kegiatan longsoran kilometer STA 111+500 Samarinda-Balikpapan Kalimantan Timur memperoleh hasil sebagai berikut :

  1. Perhitungan stabilitas lereng dengan menggunakan program Geoslope didapat nilai F atau FOS = 2,399 yang artinya adalah dengan perencanaan lereng seperti ini relatif stabil dan aman, dimana Nilai Faktor Keamanan F atau FOS = 2,399 > 1,25
  2. Stabilitas Guling didapat 2,148  > 1,5 (aman)
  3. Stabilitas Geser didapat 5,572   > 1,5 (aman)
  4. Stabilitas Terhadap Keruntuhan Kapasitas Daya Dukung Tanah didapat 3,432 > 3 ( OK )

Keywords


Stabilitas Lereng, Dinding Penahan Tanah, Stabilitas Guling, Stabilitas Geser, Daya Dukung Tanah

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012