“PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN SIMPANG PERDAU – SANGKULIRANG, KABUPATEN KUTAI TIMUR”

SU WONO

Abstract


Ruas Jalan Simpang Perdau- Sangkulirang yang merupakan Jalan Provinsi (klasifikasi jalan kolektor), menghubungkan kecamatan Sangkulirang ke Ibu Kota Sanggata seterusnya ke Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur, harus ditingkatkan lagi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dikawasan lintas jalan tersebut. Kondisi lapis permukaan yang ada terlihat retak, serta mengalami deformasi pada jalur roda kendaraan.

Kerusakan perkerasan akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan kendaraan, keindahan, dan pula mempengaruhi kinerja struktur perkerasan. Umumnya, pekerjaan pemeliharaan merupakan kegiatan untuk mempertahankan kondisi kemampuan pelayanan jalan yang layak, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara

Dalam penelitian ini, penulis secara spesifik melakukan penelitian pada ruas jalan Simpang Perdau-Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur untuk : (1) Mengetahui besar nilai dari Daya Dukung Tanah Dasar (DDT) dan (2) Merencanakan tebal lapis permukaan (aspal) jalan tersebut pada umur rencana 5 tahun dan 15 tahun.

Keywords


Menghitung besar nilai Daya Dukung Tanah Dasar (DDT) dan merencanakan tebal perkerasan lentur dengan metode Analisa Komponen SNI 03-1732-1989.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012