PERENCANAAN GEDUNG PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN KUTAI TIMUR

VEBRI PRASETYA FIRDAIANSYAH

Abstract


Perpustakaan tidak dapat dipisahkan dari sejarah manusia karena perpustakaan merupakan produk manusia. Dari dulu manusia terbiasa mencatat hasil pikiran dan kegiatannya untuk disimpan agar dapat dipelajari bagi generasi selanjutnya. Pada jaman modern ini, perpustakaan memiliki fungsi fungsi kompleks  dari sekedar tempat penyimpanan catatan perpustakaan merupakan wadah pelayanan pendidikan yang mencangkup kegiatan belajar, layanan informasi, pusat penelitian, hingga tempat rekreasi pendidikan bagi masyarakat.

Kehidupan masyarakat di Kabupaten Kutai Timur khususnya kota Sangatta, masih jauh dengan fasilitas pendidikan seperti perpustakaan umum. Namun karena pembangunan telah berkembang ke arah Kabupaten Kutai Timur, berkembang pula pola kehidupan masyarakat meningkatnya taraf hidup masyarakat, meningkatnya pula kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Agar warga Kutai Timur khususnya kota Sangatta mudah dalam mendapatkan pelayanan pendidikan, dengan terciptanya ruang bagi masyarakat sebagai sarana perpustakaan yang berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam pencarian informasi pendidikan.

Antusias masyarakat Kutai Timur khususnya kota Sangatta akan eksistensi sarana perpustakaan umum memandu masyarakat menuju taraf hidup yang lebih baik, meningkatkan mutu sumber daya manusia, dan meningkatkan minat masyarakat akan budaya membaca. 


Keywords


Perpustakaan, Pendidikan, Sumber Daya Manusia (SDM)

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012