PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA RUAS JALAN POROS PENANGKARAN BUAYA DUSUN WONOSARI KELURAHAN MAKROMAN KECAMATAN SAMBUTAN

UWIM MURSHALIM

Abstract


Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang banyak digunakan masyarakat dibandingkan dengan transportasi air dan udara, sehingga volume kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut harus mampu di dukung oleh perkerasan jalannya. Perkerasan jalan (pavement) merupakan salah satu unsur penting konstruksi jalan dalam rangka kelancaran transportasi serta memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya. Salah satu jenis perkeraaan jalan adalah perkerasan kaku (rigid pavement) mengingat perkerasan jalan ini lebih mampu mendukung beban kendaraan berat serta tahan terhadap genangan air, disamping perkerasan lentur (flexible pavement).

Ruas jalan Poros Penangkaran Buaya Dusun Wonosari Kelurahan Makroman Kecamatan Sambutan Kota Samarinda, adalah ruas jalan yang banyak dilalui oleh kendaraan pengangkut barang dan jasa baik berupa truk-truk besar dan mobil pick up, serta sering dilanda banjir. Pemerintah Kota Samarinda telah mengalokasikan dana untuk meningkatkan ruas jalan tersebut dengan menggunakan konstruksi perkeraaan kaku (rigid pavement).

Dalam penelitian ini, penulis secara spesifik melakukan penelitian untuk : (1) merencanakan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) serta diameter Dowel dan Tie Bar dan (2) menghitung besar biaya pekerjaan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) ruas jalan tersebut di atas.


Keywords


Merencanakan tebal perkerasan kaku (rigid pavement), diameter Dowel dan Tie Bar serta menghitung biaya pekerjaan dengan metode Perencanaan Perkerasan Jalan Beton (Pd T-14-2003).

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012