EVALUASI KINERJA BENDUNG IRIGASI CIPTA GRAHA KABUPATEN KUTAI TIMUR

ABDUR RAHMAN

Abstract


Guna meningkatkan fungsi dan memperpanjang umur bendung dan jaringan yang telah terbangun, maka dibutuhkan evaluasi kinerja bendung Cipta Graha Kabupaten Kutai Timur yang berada di wilayah Kalimantan Timur, agar dapat bekerja secara optimal dalam pelayanan kepada masyarakat dan sebagai pedoman bagi para pengelola dalam melaksanakan manajemen (pengelolaan) OP.
Didapat nilai indeks kinerja sebesar 60.06 sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja D.I Cipta Graha kurang baik sehingga perlu peningkatan di 6 parameter, terutama di sarana penunjang, Organisasi Personalia dan dokumentasi yang masih minim dari nilai optimum. Namun untuk parameter Prasarna Fisik dan Produktivitas tanam sudah cukup baik serta dukungan dari P3A yang sudah cukup baik.
Untuk Angka Kebutuhan Nyata Operasi dan Pemeliharaan (AKNOP) D.I Cipta Graha membutuhkan biaya ± Rp. 359.704.232 yang terbagi untuk biaya Operasi, Pemeliharaan Rutin Saluran dan Bangunan.
Rencana pemulihan kerusakan bendung irigasi yang ada dapat dilihat Rencana Anggaran Biaya Pemeliharaan Korektif D.I Cipta Graha membutuhkan biaya ± Rp. 820.042.000,- yang berguna untuk perbaikan bangunan bendung dan saluran-saluran yang ada di lokasi tersebut.
Agar D.I Cipta Graha berfungsi sesuai dengan yang diharapkan maka hal yang harus diperhatikan adalah Operasi dan pemeliharaan harus dilakukan secara continue


Keywords


Bendung dan Jaringan, Indeks Kinerja, AKNOP

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012