ANALISIS PARKIR PADA TERMINAL SUNGAI KUNJANG DI KOTA SAMARINDA

DEA AMALIA RIZKI

Abstract


banyak dan beragam. Dikala desa/kampung tampatnya tinggal tak mampu lagi memberikan
apa yang diinginkan maka tak ada pilihan lain selain beranjak ke kota. Sistem transportasi
menjadi bagian yang penting untuk menunjang mobilisasi. Untuk menunjang kelancaran
mobilitas orang maupun arus barang untuk terlaksananya keterpaduan intra antar moda alat
trasnportasi secara lancar dan tertib.
Terminal menjadi salah satu bagian penting bagi kelancaran penggunaan kendaraan
umum jalur darat. Selain merupakan tempat pemberhentian dan pemberangkatan kendaraan
umum, terminal ternyata memegaang peranan untuk mengatur arah sirkulasi dan hirarki jalan.
Sistem transportasi menjadi bagian yang penting untuk menunjang mobilisasi, untuk
menunjang kelancaran mobilitas orang maupun barang dan untuk terlaksanya keterpaduan
intra dan antar moda alat transportasi secara lancar dan tertib, di tempat-tempat tertentu dapat
dibangun dan di selenggarakan terminal.
Dalam pencapaian pembangunan nasional maupun peranan transportasi memiliki posisi
yang penting dan strategis dalam pembangunan, maka dalam perencanaan dan
pengembangannya perlu di tata dalam satu kesatuan sistem yang terpadu.
Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat di simpulkan untuk evakuasi parkir di
Terminal Sungai Kunjang Samarinda adalah volume parkir untuk beberapa fungsi dan
kendaraan Bis AKDP rata-rata volume perhari kendaraan keluar 75,43~75 unit, kendaraan
masuk 46~47, volume 800,71~801 unit. Angkot rata=rata volume perhari kendaraan keluar
140,86 ~ 141 unit. Kendaraan masuk 125~126 unit, volulme 580,57~581 unit. Roda empat
(pengantar dan penjemput) rata-rata volume perhari kendaraan keluar 107 unit, kendaraan
masuk 105 unit, volume 235 unit.
Akumulasi Parkir di terminal sungai kunjang untuk beberapa jenis fungsi dari kendaraan
seperti Bis AKDP untuk rata-rata did apat akumulasi sebesar 725 unit Angkot untuk rata-rata
di dapat akumulasi sebesar 739~740 unit. Roda empat rata-rata akumulasi sebesar 127 unit.


Keywords


Analisis, Parkir, Terminal

Full Text:

pdf

References


Abubakar, Iskandar. (1995), Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib,

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

Ary Edwin Karamoy (2005), Evaluasi Kinerja Terminal Bis Harjamukti Cirebon,

Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Kristen Maranatha< Bandung

Edward,K. Morlok. (1988), Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit

Erlangga, Jakarta.

Hobbs, F.D.,(1995), Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Gajah Mada University Press,

Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012