STUDI SIMPANG TAK BERSINYAL JALAN TEUKU UMAR – JALAN RAPAK INDAH KOTA SAMARINDA

DODY NURCAHARJO

Abstract


Persimpangan jalan merupakan tempat bertemunya arus lalu lintas dari dua jalan atau lebih. Pengaturan arus lalu lintas merupakan hal yang paling kritis dalam pergerakan lalu lintas secara menyeluruh pada jaringan jalan dalam kota.

Jalan Teuku Umar – Jalan Rapak Indah merupakan salah satu simpangan tak bersinyal di kota Samarinda. Titik persimpangan jalan ini merupakan jalan yang ramai dilalui oleh kendaraan. Pada persimpangan jalan ini, khususnya dijalan utama atau mayor harus melayani arus lalu lintas yang cukup besar.

Analisa kapasitas dan evaluasi pada persimpangan merupakan hal yang penting dalam menilai karakteristik dan seberapa besar tingkat pelayanan dari persimpangan tersebut

Pada penelitian ini untuk data primer diperoleh dari pengambilan data aktual secara periode tertentu dengan maksud mengetahui kinerja simpang tak bersinyal dan tingkat pelayanan (level of service/LOS) saat ini dan 5 (lima) tahun yang akan datang pada persimpangan Jalan Teuku Umar – Jalan Rapak Indah.

Adapun tujuan penelitian ini menganalisis volume, menghitung kinerja simpang tak bersinyal , mengetahui tingkat pelayanan lalu lintas kinerja simpang tak bersinyal pada Jalan Teuku Umar – Jalan Rapak Indah.


Keywords


Simpangan , Data Primer, Level of Service

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012