OPTIMALISASI WAKTU PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD PADA PEMBANGUNAN GEDUNG DINAS KEHUTANAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

DEDI LAHMUDDIN

Abstract


Tuntutan pembangunan disegala bidang semakin dirasakan, terutama di negara yang sedang berkembang, hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyatnya. Banyak kemajuan yang harus dikejar, ketinggalan ini diusahakan harus dikejar dengan pembangunan disegala bidang. Pembangunan tersebut berupa pembangunan fisik proyek, pembangunan gedung, jembatan, jalan tol, industri besar atau kecil, jaringan telekomunikasi, dan lain-lain.

            Keberhasilan Pembangunan ditentukan oleh keberhasilan penyelenggaraan proyek pembangunan dan manajemen pekerjaan yang baik.  Dalam perusahaan, kelancaran penyelesaian pelaksanaan proyek merupakan hal yang sangat diharapkan. Namun, pada kebanyakan perusahaan sekarang ini, tidak semua proyek yang diselenggarakan dapat mencapai hasil seperti  yang diharapkan.

Kegagalan penyelenggaraan proyek selain dapat mengakibatkan kerugian sumber daya, perusahaan juga akan kehilangan waktu yang berarti terlepasnya peluang-peluang yang dapat dicapai.  Proyek pembangunan dalam sekala besar dengan durasi  pelaksanaan yang lama merupakan suatu kegagalan yang dapat mempengaruhi citra perusahaan.  Kondisi tersebut mengakibatkan perusahaan-perusahaan konstruksi agar dapat bersaing untuk mendapatkan suatu tender agar dapat menjaga eksistensi perusahaan.  Dalam menghadapi persaingan ini, banyak pihak perusahaan melakukan strategi manajemen perusahaan, seperti menyeimbangkan sumber daya manusia, sumber daya material, waktu penyelesaian pelaksanaan dan biaya pelaksanaan

            Dalam pelaksanaan pembangunan suatu proyek terdapat tiga aspek yang merupakan indikator keberhasilan proyek yaitu mutu, waktu, dan biaya.  Proyek dapat dikatakan berhasil jika biaya dan waktu pelaksanaan proyek sesuai dengan perencanaan serta kualitas telah terpenuhi.  Untuk dapat memenuhi ketiga unsur tersebut pihak perusahaan harus mempunyai strategi dan metode yang dapat digunakan sehingga sumber daya yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

            Untuk mencapai ketepatan waktu penyelesaian proyek, perlu dilakukan perencanaan yang dapat mempercepat waktu pelaksanaan proyek, salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode percepatan pekerjaan melalui CPM (Critical Path Method).


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012