ANALISIS PARKIR KENDARAAN GEREJA KEMAH INJIL INDONESIA MAZMUR TEMIDUNG JALAN PANJAITAN KOTA SAMARINDA

MERIFA FERRI

Abstract


Sistem transportasi merupakan salah satu komponen atau aspek tak terpisahkan dalam kebutuhan hidup manusia, karena setiap perjalanan dengan kendaraan pribadi atau pun angkutan umum selalu dimulai dan diakhiri di tempat parkir.

Demikian pula yang ada di Indonesia, kebutuhan ruang parkir cenderung meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan bertumbuhnya jumlah yang membawa kendaraan pribadi, sehingga perlu diupayakan untuk mengatur ruang parkir sedemikian rupa agar luasan lahan parkir yang tersedia pada saat ini dapat dimanfaatkan secara optimal, namun tanpa mengabaikan kemudahan untuk melakukan parkir kendaraan agar penguna kendaraan dapat merasakan kenyamanan maka perlunya perbaikan sistem atau cara yang lebih baik dan efektif.

Pengamatan dilakukan selama 2 hari dengan lama waktu pengamatan per hari 15 jam (06.30-21.00). Analisis data meliputi volume parkir, Akumulasi parkir, Turn over parking, Durasi Parkir, Indeks parkir, Kapasitas parkir.

Turn Over dari jenis kendaraan mobil diperoleh hasil < 1,5 (satu koma lima) kondisi satuan ruang parkir masih menampung kendaraan. sedangkan jenis kendaraan motor atas diproleh hasil < 3,48  (tiga koma empat delapan) kondisi satuan ruang parkir masih menampung kendaraan. Untuk motor bawah diproleh hasil > 9,9 ( sembilan koma sembilan) kondisi satuan ruang parkir tidak dapat menampung kendaraan.


Keywords


Akumulasi parkir, Durasi parkir, Indeks parkir, Kapasitas parkir, Turn over parking.

Full Text:

XML doc

References


Alamsyah Alik Anshari, 2008. Rekayasa Lalulintas Bandung : UPT Penerbitan

Universitas Muhammadiyah Malang,

Anonim, Dirjen Perhubungan Darat 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir,

Anonim, 1996, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Dirjen

Perhubungan Darat, Jakarta.

Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Marga, Depertemen Pekerjaan Umum, Indonesia.

Anonim, 1994, Pengelolaan Perparkiran di Kotamadia Dati II Yogyakarta, Peraturan Daerah No. 10 Tahun 1994, Yogyakarta

Anshori, Muhammad Isa. 1998. Penataan Parkir Ruas Jlan Doho di Kotamadya

Kediri. Program Pasca Serjana Magistra Sistem dan Teknik Transportasi (tidak

dipublikasikan). UGM Yogyakarta

Blunden dan Black,1984 ; ASCE, 1986 Salah satu tujuan utama perencanaan setiap tata guna lahan dan sistem transportasi adalah kemampuan transportasi.

Munawar, Ahmad 2006. Manajemen Lalulintas Perkotaan Yogyakarta : ANDI.

Sataiawan Rudy 2003. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemudahan Manuver

Parkir.

Hastuti, Endah Tri dan Himatul Ulya. 2004. Manajemen Parkir di PT. Alfa Retailindo Tbk. Semarang. Program Strata-I Teknik Sipil (tidak dipublikasikan). UNISSULA Semarang.

Prasetyo, Teguh. 2000. Analisa Kebutuhan Ruang Parkir di Lingkungan UGM

Program Strata-I Teknik Sipil (tidak dipublikasikan). UGM Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012