ANALISIS SEBARAN PERJALANAN PENGARUH PEMBANGUNAN PASAR CITRA MAS LOK TUAN DI KOTA BONTANG

JEFRI RANTETASAK

Abstract


Transportasi memegang peranan penting dalam perkotaan dan salah satu indikator kota yang baik ditandai dengan sistem transportasinya. Sektor transportasi harus mampu memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat dengan segala kegiatannya di semua lokasi yang berbeda yang tersebar dengan karakteristik fisik yang berbeda pula. Pengembangan kawasan di perkotaan dewasa ini dipandang cukup pesat sejalan dengan perkembangan tuntutan masyarakat terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk kegiatan dan/atau usaha terkait dengan perkantoran, pusat perbelanjaan, pendidikan, dan lain sebagainya. Setiap pengembangan kawasan akan menimbulkan dampak bagi lingkungan dan sekitarnya, termasuk terhadap lalu lintas jalan. Namun pengembangan kawasan di perkotaan yang dilakukan selama ini masih kurang memperhatikan dampaknya terhadap lalu lintas jalan, sehingga mengakibatkan penurunan tingkat pelayanan jalan yang cukup signifikan.

Jalan merupakan prasarana tranportasi yang memiliki dua fungsi dasar yaitu untuk menggerakkan volume lalu lintas dan menyediakan akses bagi lahan disekitarnya. Sehubungan dengan fungsi jalan di atas maka jalan dituntut agar harus lancar dan juga harus memberikan kemudahan untuk penetrasi kedalam suatu lahan atau daerah. Suatu arus lalu lintas dapat dikatakan lancar apabila arus lalu lintas tersebut dapat melewati suatu ruas jalan tanpa mengalami hambatan atau gangguan dari jalan atau arah lain.

Di era modern seperti sekarang ini, tidak dipungkiri kebutuhan akan fasilitas-fasilitas yang dapat melengkapi sebuah kota sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan masyarakat yang tinggal di kota tersebut perlu juga akan berbelanja kebutuhan sehari-hari. Seperti halnya kota lain, Bontang sebagai kota yang sedang berkembang, hendaknya mempunyai fasilitas tersebut. Pada tahun 2017 ini, Pemerintah Kota Bontang telah mulai membangun salah satu fasilitas belanja bernama Pasar Citra Mas Lok Tuan. Dengan adanya fasilitas belanja di kawasan ini maka akan mempengaruhi aktifitas jaringan jalan yang ada yaitu adanya bangkitan perjalanan yang menuju sekitar kawasan belanja ini.


Full Text:

Doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012