PERENCANAAN PANTI JOMPO DENGAN PENERAPAN KONSEP COMFORTABLE DI KOTA SAMARINDA

AINUL HAQ

Abstract


Panti Jompo merupakan tempat penampungan lansia (lanjut usia) untuk membantu keluarga dalam upaya penanggulangan masalah kesejahteraan sosial. Panti Jompo direncanakan dengan mempertimbangkan kebutuhan ruang, bentuk atau fasade bangunan. Dari penelitian, di tujukan untuk merencanakan panti jompo dengan penerapan konsep comfortable. Metode penelitian yang di gunakan adalah analisa pelaku kegiatan, analisa kebutuhan ruang, analisa besaran ruang, matrix hubungan ruang, pola hubungan ruang, analisa lokasi site, analisa eksisting tapak, analisa terhadap matahari, analisa terhadap arah lintasan angin. Dengan mempertimbangkan kebutuhan lansia yang memiliki keterbatasan fisik. Panti jompo di desain untuk memberikan keamanan dan kenyamanan penghuni.

Keywords


Perencanaan, Panti Jompo, Comfortable

Full Text:

pdf

References


Firmansyah, Oktafian . 2016 . Karakteristik Lansia . Alamat : http://fisiookta.blogspot.co.id/2016/05/karakteristik-lansia-berdasarkan.html. Diakses : 01/03/2017

Sanjaya, Ade . 2015 . Pengertian Panti Wredha Bentuk Karakteristik dan Kondisi yang Mempengaruhi Pilihan Pola Hidup . Alamat : http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-panti-wredha-bentuk.html. Diakses: 01/03/2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012