MASTER PLAN PUSAT PERKANTORAN PEMERINTAHAN KOTA SAMARINDA

ZAL DIN

Abstract


Kota Samarinda merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Saat ini kota samarinda tengah berbenah menuju sebuah kota metropolitan berbasis industri, perdagangan dan jasa yang maju, berwawasan lingkungan dan hijau, serta mempunyai daya saing untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan visi dan misi kota samarinda. Perkembangan ekonomi di samarinda terbilang cukup pesat, khususnya industri barang dan jasa.

Pusat pemerintahan kota samarinda terletak di pusat kota, akan tetapi dengan banyaknya kantor dinas daerah dan lembaga teknis daerah yang tersebar di seluruh kota samarinda membuat pelayanan di kantor pemerintahan menjadi kurang efisien. Selain jaraknya yang agak berjauhan, aksesnya pun kurang mendukung, karena macet ada di mana-mana, dan sudah menjadi hal yang biasa di kota ini.

Demi mendapatkan ruang yang nyaman untuk bekerja, maka diperlukan penyesuaian antara ruang dan sosial budaya. Oleh karena itu dipilih pendekatan bentuk dari kawasan itu sendiri dan sosial budaya sebagai identitas kawasan.


Keywords


Pusat Pemerintahan, Perkantoran dan Kawasan.

Full Text:

Doc Doc

References


Ernst Neufert, Data Arsitek Jilid 1, 2, 3

Badan Kepegawaian Daerah, Kota Samarinda, 2013

Akvopedia.org/wiki/kolam_resapan

wikipedia.org/wiki/Kota_Samarinda, makna lambang kota Samarinda

ciptakarya.pu.go.id/dok/hukum/permen/permen_45_2007, Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012