SEKOLAH SEPAKBOLA DI SAMARINDA

ABDUL RAHMAN

Abstract


ABSTRAK

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari. Pada abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Menurut Bapak Ony Yahya (Wakil Sekretaris Umum dan Staf Sekretariatan PSSI cabang Samarinda 2013), Samarinda sendiri merupakan kota yang memiliki peminat sepakbola cukup besar. Sekitar 78% penduduk menyukai olahraga ini. Sayangnya dengan tingginya minat pada olahraga ini tidak diimbangi dengan jumlah sekolah informal seperti SSB. Berdasarkan data yang  ada, terdapat 13 SSB yang terdaftar di PSSI yang tersebar di Samarinda.

Sekolah Sepakbola Di Samarinda ini merupakan suatu wadah/ruang kegiatan baik di dalam maupun di luar ruangan untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan seseorang dengan melakukan bimbingan dan pembinaan, khusunya dalam sepakbola. Fasilitas utama meliputi Study Area dan Training Area dengan fasilitas penunjang asrama, kantor, perpustakaan, lab komputer dan lain-lain.

Demi mendapatkan ruang yang nyaman untuk berlatih dan belajar serta memiliki identitas di mana sekolah ini berdiri, maka diperlukan penyesuaian antara ruang dan sosial budaya. Oleh karena itu dipilih pendekatan bentuk dari bangunan itu sendiri dan sosial budaya sebagai identitas bangunan.


Keywords


Sepakbola, Olahraga dan Fasilitas Pendidikan

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012