ANALISA TINGGI MUKA AIR DAN DEBIT SUNGAI KARANG MUMUS KOTA SAMARINDA

GADING TRIYATNO

Abstract


Abstrak
Sungai adalah aliran air yang mengalir secara terus – menerus dari hulu menuju hilir. Pada bagian muara sungai Karang Mumus, sirkulasi air di dominasi oleh pasang surut. Pasang surut merupakan gaya penggerak utama sirkulasi air.
Analisa tinggi muka air dan debit sungai Karang Mumus kota Samarinda di gunakan untuk mengetahui tinggi muka air dan debit air sungai Karang Mumus di bagian hilir.
Dalam penelitian di gunakan metode phytagoras untuk menentukan panjang lintasan dan metode apung untuk menentukan debit.
Tinggi muka air selama penelitian sangat bervariasi. Tinggi muka air HHWL 220 cm, tinggi muka air MHWL 185.30 cm, tinggi muka air MSL 96.8 cm, tinggi muka air LLWL 29.5 cm dan tinggi muka air MLWL 35.8 cm. Hasil debit air pada saat pengamatan di pengaruhi oleh kecepatan aliran dan luas penampang. Debit air minimum dan maksimum yaitu 4.54 m3/detik dan 14.58 m3/detik. Hasil debit air yang di pengaruhi oleh pasang surut, kecepatan aliran dan luas penampang. Debit total HHWL 97.95 m3/detik, debit total MHWL 82.03 m3/detik, debit total MSL 38.04 m3/detik, debit total LLWL 6.64 m3/detik, debit total MLWL 9.17 m3/detik.


Keywords


pasang surut, tinggi muka air, debit

Full Text:

pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012