KAJIAN KAPASITAS DAYA TAMPUNGAN SALURAN DRAINASE SIMPANG EMPAT JALAN RINGROAD – JALAN PANGERAN SURYANATA DI KOTA SAMARINDA

HENDRI YUNAN

Abstract


Kota Samarinda adalah Ibu Kota Propinsi Kalimantan Timur yang merupakan daerah perkotaan padat penduduk dan menjadi pusat pemerintahan serta pusat perekonomian daerah. Seperti kota besar lainnya, Kota Samarinda mengalami bertambahnya jumlah penduduk akibat urbanisasi sehingga banyak terjadi pembangunan pemukiman dimana-mana.

Kota mengandung 4 hal utama, yaitu tersedianya fasilitas perdagangan bagi penduduk, tersedianya lahan usaha bagi penduduk, terbukanya kemungkinan muncul usaha bagi penduduk, dan adanya kegiatan industry. Keempat hal tersebut merupakan daya tarik kota terhadap wilayah-wilayah disekitar. Sebagai akibat dari daya tarik kota tersebut menyebabkan penduduk disekitar wilayah kota mencoba beraktifitas untuk menenuhi kebutuhan hidupnya di kota. Seperti kota besar lainnya, Kota Samarinda mengalami bertambahnya jumlah penduduk akibat urbanisasi.

Hal ini menyebabkan banyak resapan yang berubah fungsinya. Secara tidak langsung daerah resapan air memegang peran penting sebagai pengendali banjir. Fenomena kejadian banjir di Kota Samarinda ini tidak hanya terjadi pada saat musim penghujan namun pada saat hujan dengan durasi 3 jam saja sudah dapat mengakibatkan banjir. Berbagai upaya yang sudah dilakukan Pemerintah Kota ternyata belum optimal dalam mengatasi masalah banjir.

Salah satu daerah rawan banjir di Kota Samarinda adalah Simpang Empat Jalan Ringroad – Jalan pangeran Suryanata saat ini berkembang pesat terutama sebagai daerah pemukiman.

Hal lain yang melatarbelakangi pentingnya mengangkat topik penelitian yang berjudul “Kajian Kapasitas Daya Tampung Saluran Drainase Simpang Empat Jalan Ringroad – Jalan pangeran Suryanata di Kota Samarinda”


Keywords


Kajian Kapasitas Daya Tampung Drainase Jalan Ringroad-Pangeran Suryanata

Full Text:

Doc

References


Badan Standarisasi Nasional. 1989, Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan , SNI 03-3424-1994

Djoko Sasongko, 1991, Pedoman Bidang Studi Pengawasan Pencemaran Lingkungan Fisik, Jakarta

Edisono, Sutarto, Ir., dipl-H.E., dkk, 1997. Drainase Perkotaan, Gunadarma, Jakarta

Hadisusanto, N. 2011. Aplikasi Hidrologi. Malang: Jogja Mediautama

Subarkah, Imam. 1980, Hidrologi untuk Perencanaan Bangunan Air. Bandung : Idea Dharma

Suripin. 2004, Sistem Drainase Yang Berkelanjutan. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta

Wanielista, M.P., 1990. Hydrology and Water Quality Control. John Wiley & Sons, Florida-USA

Wesli, 2008. Drainase Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012