ANALISA KAPASITAS DRAINASE PADA RUAS JALAN LAY KECAMATAN TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

TRIAS TONO

Abstract


Kapasitas penampang saluran yang tidak memadai sering dituduh sebagi penyebab utama terjadinya banjir dan faktor utama kerusakan bahan perkerasan jalan. Pembangunan sistem drainase jalan pada umumnya terkesan ala kadarnya tanpa memperhitungkan aspek- aspek teknis sehingga di beberapa lokasi jalan sering mengalami banjir setempat.

Hal-hal  seperti  ini  juga  sering  ditunjang  dengan  buruknya  sistem  pemeliharaan drainase jalan ditambah dengan kurangnya kesadaran masyarakat dan pengguna jalan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Drainase jalan yang sering terlihat pada umumnya dipenuhi dengan sedimentasi dan sampah, sehingga seringkali tidak dapat berfungsi secara maksimal sebagai saluran penampung air pada saat hujan terjadi, yang mengakibatkan air melimpas ke badan jalan sehingga  merendam  badan  jalan,  terjadinya  genangan  dan  yang  paling  fatal  adalah terjadinya banjir.

Dari hasil analisa data untuk ruas jalan Lay dengan panjang 870 meter didapat debit maksimum sebesar 0,647 m3/detik dan dibutuhkan luas penampang saluran sebesar 0,30 m2 untuk dapat mengalirkan debit tersebut.

Parameter yang belum ditinjau dalam penelitian ini adalah pengaruh kawasan atau cathment area disekitar jalan dan pengaruh pasang surut sungai.


Keywords


debit, dimensi saluran.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012