PERENCANAAN PERHITUNGAN STRUKTUR JEMBATAN BETON BERTULANG JALAN RAPAK MAHANG DI DESA SUNGAI KAPIH KECAMATAN SAMBUTAN KOTA SAMARINDA

ZAINUDDIN M

Abstract


Perencanaan Jembatan Dengan Bentang 15 Meter Di Desa Sungai Kapih Kecamatan Sambutan Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Tugas Akhir, Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Jembatan ini dibuat dengan konstruksi beton bertulang dengan bentang 15 M, gelegar – gelegar memanjang dibuat dengan konstruksi beton bertulang yang merupakan satu kesatuan dengan lantai kendaraan.

Jembatan beton bertulang balok “T” Girder adalah salah satu dari berbagai jenis jembatan yang dapat digunakan untuk menghubungkan tepi daratan ke tepi daratan selanjutnya, namun kemampuan efektif  jembatan beton bertulang balok “T” Girder hanyalah 10 - 26 meter (Bambang Supriadi 2007), sehingga keberadaan jembatan jenis ini banyak di jumpai pada bentang efektifnya. Oleh karna itu dalam merencanakan kontuksi jembatan beton bertulang balok “T” diperlukan penelitian yang komleks dan spesifik sehingga akan di peroleh kebutuhan bentang jembatan efektif.

Desa Sungai Kapih merupakan bagian dari  Kecamatan Sambutan Kota Samarinda ini memiliki jembatan yang sudah tidak layak di lalui kendaraan perusahaan sumber daya alam dan kendaraan pengangkut hasil pertanian dan perkebunan masyarakat setempat karena bahan struktur jembatan hanya menggunakan batang – batang pohon yang di susun dan di sejajarkan dan itupun sudah terlihat kering dan sebagian batang pohon sudah terlihat lapuk.

Untuk mengatasi masalah diatas. Dengan tugas akhir ini perhitungan jembatan beton bertulang Blok “T” Girder tujuanya adalah untuk mengetahui cara perhitungan kebutuhan dimensi dan tulangan struktur atas dan bawah jembatan.

Dari proses perhitungan di peroleh kesimpulan bahwa kebutuhan dimensi dan penulangan masing-masing elemen struktur berbeda-beda, kebutuhan tulangan mulai dari diameter 8mm, 10mm, 12mm, 16mm, 19mm, 25mm, dan 32mm. untuk pondasi tiang pancang digunakan diameter 30cm, kedalaman 24 meter dalam keadaan End Bearing, serta dibutuhkan 27 buah titik pancang.

Dari proses perhitungan diperoleh kesimpulan dimensi dan penulangan struktur utama berupa balok gelegar adalah 160cm x 60cm dengan tulangan utama 20D32 dan tulangan geser Ø12-150, balok diafragma 2D19 dan tulangan geser D12-200, dan tebal plat lantai kendaraan 20cm dengan tulangan utama D16-150 dan tulangan bagi Ø12-150. Dimensi hasil perhitungan abutment dengan lebar 3.30m, panjang 9.00m dan tinggi 5.10m.


Keywords


PERHITUNGAN STRUKTUR JEMBATAN BETON BERTULANG

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012