ANALISA SEBARAN KEBISINGAN AKIBAT AKTIVITAS LANDING DAN TAKE-OFF SEKITAR BANDAR UDARA SULTAN AJI MUHAMMAD SULAIMAN BALIKPAPAN

ALAM SYAH

Abstract


Kebisingan merupakan bunyi atau suara yang tidak dikehendaki yang bersifat  mengganggu pendengaran dan dapat menurunkan daya dengar seseorang yang terpapar.Banyaknya pesawat yang landing dan take-off menyebabkan tingginya tingkat kebisingan di sekitar bandara. Tingkat kebisingan ini, selain dipengaruhi oleh frekuensi penerbangan yang tinggi juga dipengaruhi oleh jenis mesin jet yang digunakan oleh pesawat. Kebisingan dapat menimbulkan gangguan terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan seseorang melalui gangguan psikologi  dan  gangguan  konsentrasi sehingga menurunkan produktivitas kerja. Oleh karena itu, informasi tingkat kebisingan dibutuhkan untuk menentukan sebaran kebisingan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan. Kontur kebisingan pada penelitian ini menggunakan data penerbangan 5 hari. Berdasarkan penelitian, total kawasan kebisingan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan adalah 0,039 km² dengan berjarak 2 km dari runway terdapat pemukiman warga. Dengan penanaman pohon peredam kebisingan  di sisi rumah warga dapat meminimalisir kebisingan.Penelitian ini mengambil obyek pada Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan yang berlokasi di Jl.Marsma R.Iswahyudi sepinggan raya kota Balikpapan Kalimantan Timur yang dikelola  oleh PT. Angkasa Pura I Balikpapan. Dari hasil evaluasi dan analisis data diperoleh berupa Jadwal penerbangan,dan data kebisingan bandara. Berdasarkan perhitungan Analisa WECPNL tingkat kebisingan di lokasi bandara ( Aproon ), maka diketahui pengaruh kebisingan terhadap karyawan masih dalam Nilai Ambang Batas yang wajar yaitu 73.18 dB dan untuk kebisingan di daerah pemukiman, pengaruh kebisingan terhadap masyarakat cukup tinggi yaitu 91.26 dB..


Keywords


Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan,Kontur Kebisingan,WECPNL,Peredam Kebisingan

Full Text:

Doc

References


Cahyadi,D., Kurniawan.A. Agustus 2011. Pengukuran Lingkungan Fisik Kerja dan Wokrstation Di Kantor Pos Pusat Samarinda.Vol.7 No.2,Agustus 2011:1267-2000, Indonesia

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : SKEP/ 109 / VI / 2002 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan Kawasan Kebisingan Bandar udara.

Daniaty,N,M.,Riang, G,S,M.,Kewa.A. Juli 2017. Analisa Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Di Jalan Raya. Juli 2017/ Vol.2 / No 1, Indonesia

Digilib.unimus.ac.id/download.php

Https://katapembelajar.blogspot.com/2017/10/tentang-kebisingan.

Suhariani, G,S., Andarani, P., Istirokhatun, T. Analisa Sebaran Kebisingan Akibat Aktivitas Landing Dan Take-Off Menggunakan Sofware Integrated Noise Model 7.0d Di Sekitar Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Vol. 5, No. 4

( 2016 ),Indonesia

Menteri Negara Lingkungan Hidup , Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No : Kep -48/MENLH/1996 Tentang Baku Tingkat Kebisingan 25 Nopember 1996, Jakarta.

Liu, M,C Kondisi Peredam Bising Akibat Lalu Lintas Pesawat Udara Di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Terhadap Aktivitas Masyarakat Di kawasan Permukiman Sudiang. Jurnal Transportasi Vol. 11 No. 3 Desember 2011 : 183-190

Menteri Tenaga Kerja , Peraturan Menteri Tenaga Kerja No : Kep -51/MEN/1999 Tentang Nilai Ambang Batas Faktor Fisika Di Tempat Kerja, Jakarta.

Winduadi.blogspot.com/2014/01/tanaman-peredam-kebisingan

Tarwaka, Bakri, S.HA., Sudiajeng, L, Ergonomi Untuk Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Produktivitas, Ed 1, Cet 1 Sukarta : UNIBA PRESS,2004.

Undang-Undang. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata UU No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012