PERHITUNGAN DRAINASE JALAN DESA SUKA DAMAI RT.II KECAMATAN MUARA BADAK

HERIADHY ANWAR

Abstract


Drainase jalan lebih sering terlihat pada umumnya dipenuhi dengansedimentasi dan  sampah,  sehingga  seringkali  tidak  dapat  berfungsi  secara  maksimal  sebagai saluran penampang air pada saat hujan terjadi, yang mengakibatakan air melimpas kebadan jalan sehingga merendam badan jalan, terjadinya genangan dan yang paling fatal adalah terjadinya banjir.

 

 

 Kapasitas penampang saluran yang tidak memadai sering dituduh sebagai penyebab utama terjadinya banjir dan faktor utama kerusakan bahan perkerasan jalan. Pembangunan sistem drainase jalan pada umumnya terkesan ala kadarnya tanpa memperhitungkan aspek-aspek teknis sehingga di beberapa lokasi jalan sering mengalami banjir setempat.

 

 

 

Hal – hal seperti ini juga sering di tunjang dengan buruknya sistem pemeliharaan darainase jalan ditambah dengan kurangnya kesadaran masyarakat dan pengguna jalan untuk membuang sampah pada tempatnya.

 

 

 Jalan Poros Desa Suka Damai Kecamatan Muara Badak yag terletak di RT.II merupakan jalan poros yang merupakan urat nadi desa sehingga pembangunan infrastrukturnya diharapkan mempunyai fungsi dan memenuhi umur rencana. Sebagai bangunan pelengkap jalan, keberadaan drainase jalan diharapkan dapat memberikan pelayanan maksimal, salah satunya adalah berfungsi utuk menampung debit limpasan air dari permukaan badan jalan, sehingga badan jalan tidak tergenang dan mengakibatkan kerusakan pada badan jalan dalam fungsi waktu.


Keywords


Drainase, Penampang Saluran

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012