KAJIAN KINERJA PELAYANAN MODA TRANSPORTASI ONLINE RODA DUA WILAYAH LAYANAN KOTA SAMARINDA

ARJI ANTO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profil konsumen Ojek Online di Kota Samarinda 2) kualitas pelayanan Ojek Online menurut konsumen di Kota Samarinda 3) apakah kualitas pelayanan dan nilai pelanggan mempengaruhi kepuasan konsumen secara simultan dan parsial 4) sebarapa besar pengaruh Ojek Online terhadap konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan kriteria konsumen yang pernah menggunakan layanan Ojek Online di Kota Samarinda . Penelitian ini menggunakan sampel 400 (empat ratus) responden. Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis korelasi, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) mayoritas profil konsumen Ojek Online di Kota Samarinda adalah perempuan, usia 17-24 tahun, pendidikan terakhir SMA / sederajat, dan memiliki pekerjaan sebagai pelajar/mahasiswa dan penggunaan Operation system tipe Android 2) kualitas pelayanan Ojek Online menurut konsumen termasuk dalam kategori tinggi/baik 3) kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen 4) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kepuasan pelanggan.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Kepuasan Konsumen

Full Text:

pdf

References


Angelia, Mitra. 2016 “Survei : Go-jek Ungguli Grab”. Teknologi News.viva.co.id

Bowersox, C. (1981). Inroduction to Transportation. New York : Macmillan Publishing Co, Inc.

Djoko, Setijowarno, R. B. Frazila, 2001, Pengantar Sistem Transportasi, Semarang: Universitas Katolik

Soegijapranata.

Https://www.go-jek.com

Https://www.grab.com

Miro, Fidel., (2002). Perencanaan Transportasi. Erlangga, Jakarta.

Morlok, Edward K., (1984). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi.Penerbit Erlangga Jakarta.

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML. GrahaIlmu: Yogyakarta.

Papacostas, C.S. Prevedous P.D. (1987). Tranportation Engineering and Planning. New Jersey : 2nd edition.

Prentice-Hall Inc.

Pabundu Tika, Moh. 1997. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka utama.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 26 Tahun 2017

Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Septiyadi, Firmansyah. 2017. “Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Use Dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek, Studi Kasus Di Wilayah Pejagalan, Jakarta Utara”. Skripsi . Jakarta

Barat : Fakultas Ekonomi Universitas Esa Unggul Jakarta Barat.

Siregar, Sofyan, 2010. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS

Versi 17. Jakarta : Rajawali Pers.

Soesantiyo. 1985. Teknik Lalu Lintas, Traffic Engineering Jilid 1, Jakarta.

Steenbrink, 1974, Optimization of Transport Networks, Tugas Akhir Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Cetakan Ke 19 Bandung : CV.Alfabeta

Tamin, O. Z, 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Institut Teknologi Bandung, Edisi Kedua, Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012