ANALISA KAPASITAS PELAYANAN LALU LINTAS JALAN SLAMET RIYADI - BUNG TOMO - DR. CIPTO MANGUNKUSUMO TERHADAP PEMBANGUNAN JEMBATAN MAHAKAM IV KOTA SAMARINDA

OMI YANA ADI SAPUTRA

Abstract


Lalu lintas menuju Jembatan Mahakam Kota Samarinda sering terjadi kemacetan akibat meningkatnya jumlah kendaraan dan juga kendaraan harus satu persatu untuk memasuki Jembatan Mahakam. Jembatan Mahakam IV adalah solusi macet di Jembatan Mahakam saat ini. Pembangunan Jembatan Mahakam IV ini sangat berpengaruh terhadap kapasitas jalan dan pelayanan lalu lintas saat ini dan masa mendatang terutama ruas jalan yang akses utamanya nanti akan melewati Jembatan Mahakam IV yaitu jalan Slamet Riyadi, Bung Tomo dan Dr. Cipto Mangunkusumo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas jalan dan tingkat pelayanan lalu lintas saat pembangunan Jembatan Mahakam IV dan sesudah adanya Jembatan Mahakam IV. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan survei lalu lintas dan perhitungan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Hasil perhitungan dan analisa menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pelayanan pada saat pembangunan Jembatan Mahakam IV (2018) dan setelah beroperasi tahun 2019. Setelah beroperasi, Jembatan Mahakam IV (menuju Samarinda Seberang) memiliki tingkat pelayanan B (DS = 0,41) untuk Sepeda Motor dan untuk kendaraan ringan dan kendaraan Berat tingkat pelayanan C (DS = 0,67).

Keywords


Lalu lintas, Jembatan, Ruas jalan, Samarinda, Derajat kejenuhan, Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Anonym. 1997. Manual Kapasitas Jalan

Indonesia (MKJI). Jakarta : Direktorat Jenderal

Bina Marga

Transportation Research Board.

Highway Capacity Manual Special

Report 209. Washington, D.C.

Badan Pusat Statistik Samarinda, 2017.

Statistik Daerah Kota Samarinda 2014 – 2017.

Viewed 25 July 2018, from

http://samarindakota.bps.go.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012