PERHITUNGAN PRODUKSI ALAT BERAT PADA PEMATANGAN LAHAN DI PERUMAHAN BUKIT PINANG RAYA II SAMARINDA

ANTHONY WENANTA

Abstract


Proyek pembangunan lahan perumahan pekerjaan pemindahan tanah mekanis diperlukan metode pelaksanaan pekerjaan terutama pada jenis maupun tipe peralatan yang digunakan. Sebelum melaksanakan pemindahan tanah mekanis, perlu dilakukan pekerjaan galian dan timbunan pada areal lahan yang direncanakan. Dengan perencanaan pekerjaan galian dan timbunan serta peralatan yang tepat guna, diharapkan pekerjaan dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.

Pada skripsi ini ditinjau pekerjaan galian dan timbunan, pekerjaan galian tanah bercampur kerikil memiliki volume sebesar 106.125,92 m3 , sedangkan pekerjaan timbunan memiliki volume sebesar 106.115,61 m3 . Peralatan yang digunakan dibagi menjadi empat kelompok, yaitu alat gali, angkut, timbun dan alat pemadat. Alat gali meliputi excavator, bulldozer, dump truck dan compactor.

Berdasarkan hasil analisa, diperoleh hasil produktifitas dan durasi pekerjaan pada masing – masing alat, yaitu untuk alat gali yang digunakan adalah excavator PC 200 1 unit, bulldozer type Komatsu D-85 SS 2 unit, dump truck Mitsubishi 120 PS 2 unit, compactor type Bomag BW 212 D-40 1 unit.

Produktifitas terbesar diperoleh pada alat berat compactor, yaitu 186,092 m3/jam dan waktu pelaksanaan pekerjaan galian 80 hari, timbunan selama 74 hari dan pemadatan selama 77 hari.


Keywords


Produktifitas alat berat, waktu

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012