PERANCANGAN MANAJEMEN WAKTU PELAKSANAAN PADA PEMBANGUNAN HOMESTAY BONTANG

DAR MAWATI

Abstract


Manajemen waktu dalam pelaksanaan pembangunan sangat mempengaruhi biaya serta kualitas dari bangunan tersebut. Penerapan CPM (Critical Path Method) dan Ms Project merupakan salah satu metode yang tepat dalam mengatasi kelebihan atau kekurangan waktu pada proyek pembangunan. Penerapan kedua metode ini sangatlah diperlukan untuk pengoptimalan waktu pelaksanaan pada pembangunan Homestay Bontang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menghitung perencanaan waktu menggunakan kedua metode tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik meneliti suatu objek dan mendeskripsikan secara sistematis mengenai aktivitas proyek. Sedangkan untuk pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif seperti angka – angka yang dapat dihitung secara sistematis, seperti data waktu dan biaya yang dibutuhkan. Subjek dalam penelitian ini adalah Proyek Pembangunan Homestay di Jl. Belimbing, Bontang Baru, Kota Bontang.


Keywords


Manajemen Waktu, Critical Path Method, Microsoft Project.

Full Text:

doc

References


Abrar Husen, MT., 2009. Manajemen Proyek ‘Perencanaan, Penjadwlan, dan Pengendalian Proyek’, Penerbit Andi, Yogyakarta.

A.Soedradjat.Sastraatmadja, Analisa (cara modern) ‘Anggaran Biaya Pelaksanaan’, Penerbit Nova, Bandung.

Bachtiar Ibrahim, 1993. Rencana dan Estimate Real of Cost, Penerbit : PT.Bumi Aksara, Jakarta.

Budi Santosa, 2009. Manajemen Proyek ‘Konsep & Implementasi’, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Emanuel, Andi Wahju. Toba, Hapness. & Djalaksana, Yenni M. (2009). Panduan Mengelola Microsoft Proyek Dengan Microsoft Project Professional 2007. Yogyakarta : Graha Ilmu

Madcoms Madiun, 2013. Kupas Tuntas Microsoft Project 2013, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Petrus Maranresy, Bonny F. Sompie, & Pingkan Pratasis. 2015. Sistem Pengendalian Waktu Pada Pekerjaan Konstruksi Jalan Raya Dengan Menggunakan Metode CPM. Jurnal Sipil Statistik, 3 (1): 8-15.

Seng Hansen, ST,M.Sc., 2015. Manajemen Kontrak Konstruksi ‘Pedoman Praktis dalam Mengelola Proyek Konstuksi’, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012